10 Nama Bayi Laki-laki Yang Terinspirasi Nama Pahlawan Indonesia





Bunda masih bingung dalam memberikan nama yang pas untuk buah hati. Di dalam website ini memberikan bermacam-macam informasi tentang nama-nama bayi baik laki-laki ataupun perempuan. Dan didalam artikel ini memberikan informasi tentang nama-nama bayi laki-laki yang terinspirasi dari nama pahlawan Indonesia.

Pasti Bunda terfikir kenapa harus memberikan nama menggunakan nama pahlawan, apa akan bagus? Sedangkan nama pahlawan adalah nama-nama orang dahulu yang mungkin akan ketinggalan zaman pada zaman sekarang.

Akan tetapi tidak ada salahnya Bunda memberikan nama tersebut ke calon buah hati Bunda. Karena didalam nama pahlawan juga memiliki makna yang bagus untuk doa Bunda ke calon buah hati. Apalagi anak Bunda diprediksi berjenis kelamin laki-laki, tentu Bunda ingin anak Bunda kelak berjiwa patriot.

Kalau Bunda belum mengetahui makna yang sesungguhnya dari pahlawan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. Kata Pahlawan berasal dari bahasa Sansekerta phala-wan. Arti dari istilah bahasa Sansekerta tersebut adalah orang yang dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas untuk bangsa, Negara, dan agama.

Jadi didalam artikel ini akan memberikan nama-nama pahlawan yang bisa Bunda jadikan ide atau inspirasi Bunda dalam memberikan nama yang tepat kepada anak Bunda. Nama-nama ini bisa Bunda jadikan sebagai nama depan, tengah, atau belakang anak Bunda. Dan bisa Bunda sambungkan ke nama lain yang sudah menjadi pilihan Bunda. Dan mungkin nama-nama pahlawan dibawah ini belum pernah Bunda dengar sebelumnya.

1. Abdul Halim
Abdul Halim lahir pada tanggal 27 Desember 1911 – 4 Juli 1987. Pada tahun 1950 beliau menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia ke-4. Abdul memiliki arti Hamba Allah dan Hamil memiliki arti lemah lembut, penyabar, santun dan berakal.

2. Abdul Muis
Abdul Muis lahir pada tanggal 3 Desember 1883 – 17 Juni 1959. Beliau merupakan seorang sastrawan, politikus, dan wartawan Indonesia. Dia merupakan pengurus besar Sarekat Islam. Abdul Muis memiliki arti Hamba Allah Yang Maha Mulia.

3. Adam Malik
Adam Malik lahir pada tanggal 22 Juli 1917 – 5 September 1984. Semasa hidupnya ia pernah menjabat sebagai Menteri pada beberapa Departemen, salah satunya ia merupakan mantan Mentri Luar Negeri. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia ke Tiga. Adam Malik memiliki arti Hamba Allah Yang Memerintah.

4. Agus Salim
Agus Salim lahir pada tanggal 8 Oktober 1884 – 4 November 1954. Ia adalah pejuang kemerdekaan Indonesia. Agus memiliki arti Yang memiliki semua kekuatan dan Salim memiliki arti Selamat.
5. Ahmad Dahlan
Ahmad Dahlan lahir pada tanggal 1 Agustus 1868 – 23 Februari 1923. Ia adalah pejuang kemerdekaan Indonesia dan pendiri Muhammadiyah. Ahmad memiliki arti Terpuji dan Dahlan memiliki arti Pembawa berita.

6. Amir Hamzah
Amir Hamzah lahir pada tanggal 18 Februari 1911 – 20 Maret 1946. Ia adalah Sastrawan Indonesia angkatan Poedjangga Baroe dan Pahlawan Nasional Indonesia. Amir meliliki arti Putera, ketua, pemerintah, pengusaha, pemimpin, makmur dan Hamzah memiliki arti Singa, berani.

7. Hasan Basri
Hasan Basri lahir pada tanggal 17 Juni 1923 – 15 Juli 1984. Ia adalah tokoh militer dan Pahlawan Nasional Indonesia. Hasan memiliki arti Indah, baik dan Basri memiliki arti Penglihatanku.

8. Hazairin
Dr. Hazairin Harahap atau lebih dikenal dengan Hazairin lahir pada tanggal 28 November 1906 – 11 Desember 1975. Ia adalah seorang pakar hokum adat. Ia menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Ali Sastroamidjojo I.

9. Mohammad Hatta
Mohammad Hatta atau lebih terkenal dengan sebutan Bung Hatta lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 – 14 Maret 1980. Ia adalah tokoh perjuangan, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Ia bersama Soekarno memainkan peran penting untuk memerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

10. Mohammad Natsir
Mohammad Natsir lahir pada tanggal 19 Juli 1908 – 6 Februari 1993. Ia adalah seorang ulama, politisi dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan pendiri partai politik Masyumi dan tokoh Islam terkemuka di Indonesia. Ia juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia. Mohammad memiliki arti Yang sangat terpuji dan Natsir memiliki arti Orator yang melahirkan Prosa.





You May Also Like

About the Author: dalilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *