7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Bunda Dalam Masa Kehamilan

Bunda banyak hal-hal yang perlu Bunda perhatikan dalam masa kehamilan, karena masa kehamilan diawal-awal bulan tentu sangat rawan mengalami keguguran, jadi Bunda sebagai orang tua harus mengetahui apa yang tidak diperbolehkan dan apa yang diperbolehkan dalam masa kehamilan.

Mendapatkan kehamilan mungkin sesuatu yang telah lama Bunda dan keluarga nantikan, sehingga Bunda harus menjaga calon buah hati dengan sungguh-sungguh, agar tidak terjadi kecelakaan seperti keguguran.

Memiliki penampilan terbaik saaat masa kehamilan pasti menjadi keinginan setiap Bunda. Akan tetapi banyak juga Bunda yang merasa saat hamil dirinya menjadi tidak cantik dan menjadi lebih gemuk.

Di dalam artikel ini akan memberikan informasi tentang 7 hal yang perlu diperhatikan Bunda dalam masa kehamilan, untuk menjaga calon buah hati agar tetap sehat.

1. Memakai Busana Ketat

Bunda dalam masa kehamilan tidak boleh menggunakan busana yang ketat dan terkesan tidak nyaman. Karena pakaia yang ketat dan trkesan tidak nyaman akan membuat janin merasa tertekan terlebih jika bahan yang digunakan tidak lentur pada tubuh. Janin juga akan susah mendapatkan asupan oksigen yang dibutuhkan. Bila bunda memasuki masa kehamilan 5 bulan sebaiknya hindari menggunakan busana yang ketat dan tidak nyaman.

2. Stress

Bunda juga tidak boleh stress atau terlalu banyak pikiran dalam masa kehamilan. Karena itu akan mengganggu kandungan Bunda, karena calon buah hati Bunda sangat peka terhadap perasaan Bunda. Karena ikatan anatara Bunda dan calon buah hati lebih dekat sehingga apabila Bunda stress, tertekan, dan marah sang janin akan merasakan hal yang sama.

3. Memelihara Binatang

Jika Bunda memiliki binatang peliharaan seperti kucing dan anjing, alangkah lebih baiknya saat Bunda dalam masa kehamilan. Bunda menjauhkan kucing dan anjing karena dapat menimbulkan virus toksoplasma. Virus toksoplasma bisa masuk kedalam janin dan mengganggu pertumbuhan janin, resiko yang paling besar bila terkena virus ini adalah keguguran.

4. Diet Dalam Masa Kehamilan

Banyak juga wanita hamil yang melakukan diet dalam masa kehamilan. Sebenarnya itu sangat tidak dianjurkan karena memiliki resiko yang besar untuk janin. Janin dalam kandungan bisa kurang mendapatkan asupan gizi ibu, padahal itu sangat penting dalam masa pertumbuhan janin. Selain itu dapat menyebabkan cacat karena janin kekurangan zat tertentu yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan.

5. Konsumsi Minuman yang Mengandung Kafein

Bunda, bila Bunda masih sering meminum-minuman berkafein, segera hentikan apabila Bunda dalam masa kehamilan. Bahaya kafein dalam masa kehamilan bisa dengan cepat menyebabkan perasaan stress, dan itu sangat mengganggu dalam masa kehamilan. Efek yang ditimbulakan dari mengkonsumsi kafein cacat, keguguran dan ketidak seimbangan hormone selama kehamilan.

6. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Tinggi Garam

Bunda sebelum kehamilan sangat menyukai makanan yang mengandung garam yang cukup tinggi. Sekarang Bunda harus mengerem makan menggunakan garam, karena garam yang masuk ketubuh ibu hamil dapat menyebakan gangguan cairan dan berbahaya untuk kesehatan ginjal dan imfla, dan juga dapat menghambat penyerapan zat besi sehingga mengganggu prosuksi sel darah merah. Garam dapat menyebabkan tubuh bengkak, hipertensi dalam kehamilan.

7. Mengkonsumsi Obat Bebas

Obat juga sangat perlu diperhatikan saat Bunda sedang dalam masa kehamilan. Karena Bunda tidak diperbolehkan sembarangan meminum obat yang bukan resep dari dokter. Pemakaian obat untuk mengatasi lelah, diare, pusing, mual dan berbagai keluahan lainnya sangat dilarang. Karena obat-obatan ini bisa mengandung zat berbahaya yang menyebabkan gangguan pada janin.

Leave a Reply