Arti Nama Cucu Jokowi ‘Jan Ethes Sri Narendra’ Dalam Berbagai Bahasa

Presiden Joko Widodo dan keluarga tengah berbahagia. Cucu pertama dari putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka lahir pada hari Kamis (10/3). Anak laki-laki pasangan Gibran dan Selvi tersebut diberi nama Jan Ethes Sri Narendra.

Apa arti nama cucu Jokowi tersebut? Dukutip dari Tribunnews, “Nama anak kami (Gibran-Selvi Ananda), Jan Ethes Sri Narendra. Artinya Jan itu sangat, Etes itu cekatan, Sri Narendra itu pemimpin yang cerdas,” ujar Gibran.

Tampaknya, nama cucu presiden diambil dari bahasa Jawa. Kata “ethes” maknanya kurang lebih berarti mampu melakukan tindakan yang tepat (lihat). Sedangkan kata “Jan” sendiri tak memiliki arti khusus (lihat). Kata ini digunakan supaya terdengar mantap dan enak didengar.

Namun dalam bahasa asing, ‘Jan’ merupakan variasi dari John. Dikutip dari Wikipedia: “Jan (pronounced Yann or Yaan) is a variant of John in Catalan, Czech, Polish, Dutch, Scandinavian, Cornish, Devon dialect, German, Afrikaans, Northern Germanic and Western Slavic Languages. The Slovak spelling is Ján. In English it is a shortened form of Janice or Janet with corresponding pronunciation.

Dalam bahasa Sansekerta, ‘Narendra’ artinya raja atau orang yang berkuasa. Istilah Sri Narendra juga dikenal sebagai gelar di kalangan bangsawan Melayu. Pada 2014, Yusril Ihza Mahendra pernah dianugerahi gelar Sri Narendra Dyah Balitung Saif Al-Din Wal Daulah.

Leave a Reply