Dampak Buruk Bagi Perkembangan Psikis Anak Yang Kurang Perhatian Orangtua

Sebagaian orang tua merasa telah cukup memberikan perhatian yang dibutuhkan oleh anak, namun pada kenyataannya masih banyak anak yang merasa orang tuanya tidak memberikan perhatian yang selayaknya yang mereka butuhkan. Perhatian amat sangat dibutuhkan untuk psikis seorang anak itu sendiri, karena bentuk perhatian orang tua menjadi faktor penentu kepribadian anak saat beranjak dewasa. Memberikan perhatian disini bukan berarti kita sebagai orang tua menjadi over protektif dengan segala hal yang dilakukan oleh anak.

Perhatian bisa ditunjukkan dengan cara yang sederhana seperti menanyakan bagaimana kabar anak Anda hari ini, apa saja yang anak Anda lakukan di sekolah dan lain sebagainya. Sebuah perhatian dari orang tua bisa menjadi sesuatu yang sangat bermakna untuk kehidupan anak, mereka akan lebih percaya diri, lebih berani dan tentunya lebih dekat dengan Anda. Anak yang kekurangan perhatian akan memiliki masalah dalam psikisnya, mereka cenderung akan mencari perhatian diluar rumah, bisa jadi cara mereka menarik perhatian diluar itu dengan cara melakukan hal-hal negatif yang dapat merugikan orang lain.

Anak akan merasa orang tuanya tidak perhatian apabila orang tua mereka sibuk dengan dunianya sendiri dan tidak peduli dengan apapun yang mereka lakukan. Tidak melulu karena orang tua sibuk dengan pekerjaannya di kantor. Banyak hal yang juga dapat membuat anak kehilangan perhatian untuk mereka. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, orang tua terkadang sering melupakan kebersamaan dengan anak. Saat anak merajuk meminta untuk ditemani bermain, Anda malah memberikan gadget agar anak Anda tetap tenang dan berhenti merajuk agar tidak mengganggu kesibukan Anda. Padahal momen seperti itulah yang sangat dibutuhkan oleh si anak, momen dimana orang tua mereka bisa memberikan quality time untuknya saat masih dini sehingga pertumbuhan si anak dapat berkembang dengan baik.

Saat anak kekurangan perhatian sedari kecil, maka ketika beranjak dewasa mereka cenderung menjadi pribadi yang pembangkang dan sulit untuk diatur. Mereka akan bertindak sesuai dengan keinginan mereka sendiri karena mereka berpikir orang tua mereka tidak akan peduli terhadap apa yang mereka lakukan. Contohnya sangat banyak dan seringkali kita jumpai di sekitar kita, anak-anak di bawah umur yang merokok, mabuk-mabukan, tawuran bahkan melakukan tindak kriminal, banyak diantaranya karena merupakan faktor kurang perhatian dari orang tua.

Untuk itu, mari kita luangkan waktu untuk buah hati tercinta agar mereka dapat mempercayai kita bahwa kita adalah orang tua yang perhatian yang dapat menjadikannya pribadi yang baik, yang dapat membuatnya tumbuh dengan baik dengan segala perhatian yang kita berikan untuk mereka.

Foto: Pixabay

Leave a Reply