in

Inilah 6 Tips Yang Bisa Bunda Coba Untuk Melahirkan Secara Normal

Inilah 6 Tips Yang Bisa Bunda Coba Untuk Melahirkan Secara Normal

Sebagai calon orang tua tentu Bunda ingin melakukan persalinan secara Normal, Bunda pasti sudah banyak mendengar cerita tentang pengalaman orang disekitar Bunda yang melakukan persalinan secara Normal. Itu mungkin menjadi salah satu motivasi Bunda untuk melakukan persalinan secara Normal, apalagi menurut Ibu yang pernah melahirkan secara Normal melakukan persalinan Normal akan menambah sensasi saat melahirkan, dan mereka mengatakan saat melakukan persalinan secara Normal mereka merasakan menjadi Ibu yang seutuhnya.

Dan Inilah 6 Tips untuk melahirkan secara normal :

1. Rutin Melakukan Pemeriksaan Kehamilan
Bunda tentu harus melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Hal ini sangat penting untuk mencegah berbagai masalah kesehatan atau mengetahui masalah kesehatan yang bisa terjadi pada Bunda maupun janin. Namun Bunda tetap harus menjadi cerdas ketika berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Bunda juga harus aktif dalam bertanya tentang kehamilan Bunda.

2. Berpikiran Positif
Melakukan persalinan normal adalah proses yang paling alami dan sekaligus juga sangat menantang. Untuk bisa menjalani proses persalinan yang normal maka Bunda juga harus selalu berpikir positif. Cara ini akan membantu Bunda supaya memiliki motivasi dan keinginan yang kuat untuk terus berjuang melawan rasa sakit. Pikiran yang positif juga bisa membantu Bunda agar bisa melakukan visualisasi selama proses persalinan. Jika Bunda sudah bisa melakukan cara ini maka bantuan pendamping selama persalinan akan lebih mudah dilakukan.

3. Bergerak
Saat Bunda sudah ingin melahirkan di rumah sakit atau rumah bersalin, maka jangan berhenti bergerak agar bisa melahirkan secara normal. Bunda harus tetap bergerak sambil mengelola rasa sakit dengan baik. Menjaga agar tubuh bergerak sebelum bersalin akan membantu gerakan bayi mencapai posisi yang ideal untuk proses melahirkan. Ini adalah metode yang sangat alami. Terlebih jika ibu mencoba untuk gerakan panggul yang memanfaatkan gaya gravitasi agar bisa melahirkan secara normal. Namun sebaiknya Bunda harus memilih fasilitas medis yang mendukung pola ini, sebab tidak semua rumah sakit bisa mendukung proses ini dengan baik.

4. Niat Persalinan Normal Sejak Hamil
Bunda harus memiliki niat untuk melahirkan normal sejak awal kehamilan. Ketika Bunda sudah memiliki niat ini maka hal yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan tubuh dan kebugaran tubuh sesuai dengan kemampuan tubuh Bunda. Persiapan menjaga kebugaran tubuh juga sangat penting untuk mengatasi rasa sakit dan bersiap menghadapi persalinan normal. Ada berbagai persiapan yang bisa dilakukan sejak hamil seperti berjalan-jalan selama 20 menit setiap hari, melakukan yoga atau senam hamil, melakukan olahraga untuk ibu hamil dan mengelola pikiran yang santai. Cara ini akan membantu tubuh memiliki respon yang baik untuk menanggapi rasa sakit.

5. Relaksasi Otot dan Pikiran
Melakukan relaksasi otot dan pikiran selama persalinan memang sangat penting untuk tubuh Bunda dan Janin. Cara ini akan membantu tubuh Bunda bisa mengelola rasa sakit yang baik saat menghadapi persalinan normal. Latihan bisa dilakukan sejak kehamilan masuk trimester kedua. Bunda bisa mencoba untuk melepaskan semua rasa sakit dan tegang selama kehamilan. Caranya adalah berbicara dengan rasa tegang itu dan lepaskan dari pikiran Bunda. Jangan terlalu fokus pada rasa tegang sehingga Bunda sudah membayangkan rasa sakit selama persalinan. Selain itu relaksasi otot bisa dilakukan secara fisik seperti gerakan panggul dengan bola yang biasa digunakan saat senam, latihan melemaskan otot bagian paha dan panggul serta mencoba membuat kaki senyaman mungkin.

6. Hilangkan Rasa Takut Melahirkan Normal
Ketakutan adalah hal yang wajar untuk semua ibu yang akan melewati persalinan normal. Namun ketika rasa takut semakin tinggi maka rasa sakit itu juga akan datang semakin kuat. Ini adalah proses yang normal karena ketika Bunda merasa takut maka tubuh akan tegang. Rasa tegang pada fisik dan pikiran Bunda yang akan menyebabkan rasa sakit yang lebih kuat. Sehingga Bunda harus mencoba untuk menghilangkan rasa takut. Caranya adalah dengan mencoba relaksasi pada bagian otot panggul dan merasakan kontraksi rahim. Bunda bisa mencoba melakukan senam dengan bola besar seperti ketika melakukan senam hamil. Cara ini bisa membuat Bunda merasa lebih nyaman dan yakin dengan persalinan normal. Ketakutan juga berbahaya karena bisa menjadi penyebab janin kekurangan oksigen dalam kandungan karena janin sangat sensitif, apabila Bunda stress maka janin akan merasakan hal yang sama.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

70 Nama-nama Bayi yang Terinspirasi Bahasa Thailand yang Unik

10 Nama-nama yang Berarti Musim Panas