Inilah 8 Pilihan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan yang baik dan berkualitas tentu menjadi salah satu pilihan Bunda dalam masa kehamilan, supaya janin dan calon buah hati tetap sehat. Sebab, jika Bunda tidak dapat memilih makanan yang sehat akan berpengaruh terhadap janin yang berada di dalam kandungan.

Bunda sangat membutuhkan asupan makanan yang sehat dalam masa kehamilan, dikarenakan Ibu hamil sangat rentan terhadap keguguran. Selain itu juga Ibu hamil akan mengalami mual dan muntah di trimester pertama yang mengakibatkan hilangnya nafsu makan.

Padahal pada masa trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin, dan mineral yang baik sehingga cukup untuk Bunda dan janin. Pasti dalam usia kehamilan yang masih sangat muda Bunda banyak menebak-nebak makanan apa yang diperbolehkan dan makanan apa yang tidak diperbolehkan dalam masa kehamilan.

Walaupun Bunda pada trimester pertama seringkali mengalami mual dan muntah, akan tetapi Bunda tidak boleh pantang menyerah dalam mengatur gizi yang terkandung dalam makanan yang Bunda konsumsi. Bunda juga harus tau makanan yang pas saat usia kehamilan bunda, agar kebutuhan dan perkembangan janin berjalan sesuai dengan usia kehamilan.

Dan Bunda jangan terlalu percaya dengan mitos yang mengatakan apabila sedang hamil harus makan lebih banyak atau dua kali lipat dari biasanya, yang benar adalah makanlah 2 kali lebih bergizi, bukan 2 kali lebih banyak. Di dalam artikel ini akan menjelaskan makanan sehat apa saja yang baik dikonsumsi dalam masa kehamilan.

Inilah 8 Pilihan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil :

1. Bayam
Bayam bisa menjadi salah satu pilihan Bunda dalam masa kehamilan, karena didalam bayam terkandung berbagai macam nutrisi seperti zat besi, vitamin C, folat, kasium dan serat. Vitamin C yang terkandung didalam bayam bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil. Serat yang terkandung dalam bayam dapat mengatasi masalah sembelit dan gangguan pencernaan. Sebaiknya bayam yang akan diolah adalah bayam yang masih segar dan tidak ditaruh didalam kulkas.

2. Brokoli
Brokoli menjadi salah satu yang sangat baik untuk kehamilan Bunda. Brokoli mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga bisa melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung saraf. Kandungan zat besinya juga dapat mencegah anemia pada Ibu hamil, dan kalsium yang terdapat dalam brokoli dapat mendukung pertumbuhan tulang, gigi dan otot. Akan tetapi jangan mengkonsumsi brokoli yang telah disimpan didalam kulkas selama 24 jam, karena kandungan nutrisinya sudah tidak baik untuk kesehatan Bunda.

3. Kacang Hijau
Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga manfaatnya tidak perlu diragukan lagi. Mengkonsumsi kacang hijau setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit pernafasan pada bayi, sedangkan kandungan kaliumnya sangat baik untuk kesehatan jantung untuk Ibu dan janin.

4. Jeruk
Buah yang satu ini juga sangat bermanfaat karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, vitamin C juga membantu dalm sistem kekebalan untuk Ibu dan janin, Rasa manis dan asam yang terkandung didalam jeruk juga bermanfaat untuk mengatasi mual pada trimester pertama.

5. Alpukat
Alpukat juga sangat bermanfaat karena memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Alpukat juga memiliki kandungan lainnya seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin B6, karena banyaknya vitamin yang terkandung di dalam alpukat jadi alpukat sangat baik dalam mengatasi mual yang berlebih pada Ibu hamil.

6. Papaya
Papaya dipercaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Buah papaya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan dan kandungan vitamin C yang terkandung didalam papaya bisa melindungi Ibu hamil dari masalah kehamian penyakit radang usus dan diare.

7. Salmon
Ikan yang satu ini juga menjadi salah satu makanan pilihan. Didalam Salmon terkandung Omega 3, asam lemak, dan DHA yang bisa menjaga kecerdasan dan fungsi otak Ibu dan janin.

8. Kacang Almond
Kandungan vitamin E dan zat antioksidan yang terkandung didalam kacang Almond sangat baik untuk kesehatan Ibu dan janin. Namun untuk Bunda yang mengalami alergi tidak disarankan mengkonsumsi kacang Almond.

Leave a Reply