Kartini dan Nama Anak Indonesia

Tanggal 21 April tidak pernah absen diperingati sebagai hari Kartini. Ibu Kartini hadir sebagai simbol persamaan derajat kaum perempuan dan laki-laki dalam berbagai bidang. Tapi mungkin yang tak kalah menarik apakah nama Kartini juga populer sebagai nama anak?

Dari sekitar 1,5 juta anak yang lahir pada 1998 dan 2008, kami menemukan sebanyak 370 nama yang mengandung kata ‘Kartini’ baik sebagai nama depan, tengah, dan nama belakang. Proporsinya, nama Kartini sedikit lebih banyak digunakan sebagai nama tengah ketimbang nama depan (lihat grafik).

kartini-proporsi

Bagaimana dengan variasi nama Kartini? Dari keseluruhan nama hanya ditemukan sedikit variasi saja yaitu Sukartini, Kartiningsih, Kartinitin, Kartiniwati, dan Ikartini.

kartini_variasi

Apa yang bisa disimpulkan dari kenyataan di atas? Meskipun Kartini harum namanya hingga kini, tetapi dalam urusan nama ternyata masyarakat kita lebih banyak memilih nama-nama yang lain. Karena itu, amat jarang kita menemukan anak-anak perempuan masa kini yang menyandang nama besar tersebut.

Kenapa nama Kartini demikian tersisih? Bisa jadi penyebabnya karena nama Kartini terkesan sebagai nama orang dewasa yaitu generasi yang lahir sebelum atau tak lama setelah kemerdekaan. Saat ini, kalau tidak ibu, mungkin nenek kita yang bernama Kartini.

Selamat Hari Kartini, Bunda!

Leave a Reply