Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Awal Kehamilan





Bunda dalam masa kehamilan? Hendaknya Bunda harus sangat menjaga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh Bunda. Bila Bunda dalam masa kehamilan trimester awal Bunda sangat rentan terhadap keguguran.

Bunda juga harus menghindari mengkonsumsi buah nanas, karena didalam buah nanas terkandung Bromelain yang berpengaruh untuk melunakan leher rahim dan akan berakibat fatal persalinan dini atau keguguran. Walaupun belum ada penelitian lebih lanjut tenntang kandungan nanas yang dapat memicu persalinan dini, namun alangkah baiknya Bunda menghindari mengkonsumsi buah nanas semasa dalam masa kehamilan.

Bunda juga harus sudah mulai mengurangi asupan makanan yang terlalu banyak mengandung kandungan garam dan mecin. Karena itu bisa saja menghambat pertumbuhan janin pada calon buah hati Bunda.

Selain itu Bunda juga tidak diperbolehkan memakan buah papaya setengah matang atau mentah karena tingginya kandungan lateks yang memiliki efek samping rahim berkontraksi terutama pada masa awal kehamilan. Jadi Bunda, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah papaya setengah matang atau mentah.

Makanan yang tidak jauh dari buah papaya adalah daun papaya yang faktanya dapat memicu kerapuhan ari-ari pada janin dalam kandungan Bunda. Bunda harus menghinadri ini dalam masa awal-awal kehamilan. Akan tetapi Bunda bisa mngkonsumsi buah papaya yang sudah benar-benar matang.

Buah anggur juga tidak disarankan dikonsumsi saat awal kehamilan karena dapat menebabkan kondisi kandungan Bunda panas. Kemudian pada awal trimester juga Bunda sebaiknya menghindari mengkonsumsi air kelapa segar, karena akan melemahkan kandungan. Namun saat kandungan sudah memasuki 8 bulan keatas mengkonsumsi air kelapa dapat berefek positif untuk kebersihan kulit bayi, dan memperlancar proses kehamilan.

Bunda juga tidak boleh memakan makanan yang mengandung daging mentah atau yang dimasak kurang matang. Karena dalam daging mentah mengandung toksoplasmosis dari bakteri E.Coli yang dapat menyebakan infeksi serius pada janin Bunda. Biasanya bakteri toksoplasmosis terdapat di dalam buah-buahan. Jadi sebelum memakan salad Bunda harus memastikan salad tersebut dicuci dengan bersih. Bakteri ini juga terdapat pada kucing. Jadi sebaiknya saat masa kehamilan
Bunda menghindari berinteraksi dengan hewan yang satu ini.

Bunda juga sebaiknya menghindari mengkonsumsi kopi, karena kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan meningkatkan detak jantuk pada janin, kekurangan berat badan pada bayi, dan mengurangi kemampuan untuk menyerap zat besi dan menyebakan keguguran.

Bunda juga dilarang mengkonsumsi daging ayam mentah dan telur setengah matang. Karena di dalam daging ayam yang mentah dan telur setengah matang terdapat bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan penyakit diare berat pada Bunda.

Minuman yang mengandung Alkohol juga sebaiknya dihindari karena bisa mengakibatkan calon buah hati Bunda lahir dengan cacat. Dan juga Bunda dilarang dalam mengkonsumsi rokok karena di dalam rokok terkandung racun nikotin yang dapat menyebabkan calon buah hati Bunda lahir dengan kekurangan berat badan. Selain itu racun nikotin juga berbahaya karena dapat menyebabkan terjadinya mutasi gen pada janin. Hal inilah yang mengakibatkan bayi lahir dengan cacat.

Dan alangkah lebih baikanya dalam masa kehamilan trimester awal Bunda mengkonsumsi buah-buahan sehat lainnya seperti jeruk manis, stroberi, pisang dan juga alpukat yang dapat memberikan suplai atau asupan vitamin dan protein yang cukup untuk Bunda dan janin. Sebaiknya Bunda juga menghindari memakan makanaan yang terlalu pedas, asam, asin dan mengandung mecin, karena bisa berakibat buruk bagi janin.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda yang sedang dalam masa kehamilan trimester pertama.





You May Also Like

About the Author: dalilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *