Nama Cantik dan Populer untuk Anak Cewek

photographing-children-735225_640

Banyak Bunda ingin nama unik untuk anak perempuannya yang bakal segera lahir. Sebaliknya, nggak sedikit Mama yang justru mencari nama anak cewek yang populer. Jadi harus bagaimana?

Keuntungan memilih nama yang sudah populer biasanya lebih mudah diingat oleh orang lain. Umumnya orang juga tahu cara menulis dan mengucapkan nama-nama yang sudah sering terdengar.

Sebaliknya, nama yang unik apalagi sangat jarang terdengar, risikonya orang akan sering salah sebut, keliru melafalkan, atau nggak tepat saat menuliskan nama tersebut.

Sangat kecil kemungkinannya orang salah sebut atau tulis, nama seperti Anggun, Gita, atau Nina. Tapi bayangkan jika Bunda memilih nama Raline, Pevita, atau Ferzi.

Nama populer biasanya dihindari karena tidak ingin nama anak kita banyak pesaingnya alias banyak yang bernama sama, saat di sekolah dan lingkungan sekitar rumah.

Nah, kalau Bunda mau contoh nama yang populer dan juga nama yang jarang digunakan sebagai nama anak cewek, berikut ini daftar 10 nama yang saat ini sering kita dengar.

1. Pevita

Ada yang menyebut nama Pevita berasal dari bahasa India. Artinya yaitu air bersih. Nama ini sangat jarang, hanya ditemukan satu nama dari satu juta nama anak pada 1998. Sekarang nama ini populer karena model dan pemain film Pevita Pearce.

2. Gitara

Nama Gitara bisa untuk nama anak cewek dan cowok. Nama ini kemungkinan dipilih karena sang orangtua suka main musik. Tahun 1998, dari satu juta nama ada dua nama tengah Gitara. Salah seorang Personil grup band NTRL (dulu Netral) bernama Enno Gitara Ryanto. Konon, sang ayah memberinya nama tersebut dengan maksud agar anaknya menjadi musisi yang piawai bermain gitar.

3. Gita

Nama Gita artinya nyanyian atau lagu. Nama ini cukup populer karena selain indah, juga mudah diingat dan diucapkan. Meski biasa digunakan untuk nama anak cewek, tapi kadang ada juga anak laki-laki yang menyandangnya. Dari kalangan artis penyanyi ada Gita Gutawa dan Dewi Gita. Sementara, pejabat yang terkenal adalah mantan Menteri Perdagangan RI Gita Wiryawan.

4. Kanaya

Nama ini yang terkenal antara lain desainer Kanaya Tabita. Nama Kanaya mulai populer untuk nama anak milenial. Pada 2008, nama ini dipilih sekitar 100 nama anak dari satu juta nama. Ada yang menyebut nama ini berasal dari bahasa Sunda dan Indonesia yang artinya perempuan; Jalan penghidupan yang tentram. Sebagai catatan, dalam bahasa Spanyol terdapat kata canalla (diucapkan ‘kanaya’) yang artinya -maaf– bajingan.

5. Gresya

Nama Gresya juga penggunaannya mengalami peningkatan pada generasi milenial (lahir setelah tahun 2000). Ada sebanyak 40 dari satu juta nama anak yang dinamai Gresya pada 2008. Putri Indonesia Pariwisata 2015, Gresya Amanda Maaliwuga.

6. Anggun

Dalam bahasa Indonesia Anggun artinya apik dan berwibawa (tt bangun, tingkah laku, gaya, dsb). Nama ini cukup populer dan selalu dipilih banyak orangtua untuk nama anak mereka setiap tahunnya. Nama yang populer adalah penyanyi Anggun Cipta Sasmi.

7. Nina

Saat ini nama Nina cenderung ditinggalkan sebagai nama anak. Dari satu juta nama, ada 991 anak bernama Nina pada 1998, tapi jumlah tersebut menyusut menjadi 232 nama saja pada 2008. Saat ini nama Nina yang berkibar antara lain pesinetron cantik Nina Zatulini.

8. Raline

Nama ini berasal dari bahasa Jerman (artinya penjaga yang disarankan)dan Ibrani (biri-biri betina). Bentuk lainnya dalam bahasa Inggris yaitu Raelene. Nama ini sangat jarang digunakan sebagai nama anak perempuan. Kini nama ini menjadi sering terdengar karena moncernya Raline Shah sebagai aktris pemain film.

9. Ferzi

Nama ini sangat jarang terdengar sebagai nama anak perempuan. Pada 2008, hanya ada satu nama saja dari satu juta nama anak dengan nama Ferzi. Nama ini mulai banyak dikenal sejak kemunculan penyanyi cantik Ferzi Yatasha.

10. Isyana

Nama Isyana makin populer seiring meroketnya pupularitas penyanyi pendatang baru Isyana Sarasvati. Dari 2 nama pada 1998, nama Isyana naik jumlahnya menjadi 15 nama anaka pada 2008. Yang menarik, semua nama Isyana diletakkan sebagai nama depan.

Foto: AnnaBricova

Leave a Reply