#NamaNgetren April : Pilih Raka, Alfi, atau Safitri?

Nama apa yang populer minggu ini? Kami menemukan tiga nama yang menjadi tren pencarian di internet pada pekan kedua April ini. Berikut nama-nama tersebut:

1. Deudeuh Alfi Syahrin

Nama ini melejit dalam penelusuran di internet karena sebuah kasus pembunuhan. Terlepas dari perisitiwa tragis tersebut, ternyata nama Alfi memang cukup populer di Indonesia.

Dari sekitar satu juta anak yang lahir tahun 2008, data kami menunjukkan sebanyak 6.602 nama yang mengandung kata ‘Alfi’. Dari jumlah tersebut, Alfi yang berarti seribu dalam bahasa Arab, ditemukan dalam 492 variasi nama yang digabung atau diawali dengan kata Alfi. 10 nama teratas adalah ALFI, ALFIA, ALFIADI, ALFIADRI, ALFIADY, ALFIAH, ALFIAHTRI, ALFIAIZ, ALFIAJI, dan ALFIAL.

Dalam bahasa Sunda, Deudeuh bisa berarti sayang. Nama ini sangat unik dan hanya satu anak saja yang diberi nama Deudeuh pada tahun 2008.

2. Gibran Rakabuming Raka

Sebagai nama anak presiden, nama Gibran Rakabuming Raka terdengar cukup keren. Pencarian nama tersebut melonjak terkait rencana pernikahannya dengan Putri Solo 2009 Selvi Ananda.

Raka berarti kakak dalam bahasa Sunda, Sansekerta, dan bahasa Indonesia. Raka cukup populer untuk nama bayi laki-laki, tapi masih kalah populer dibanding Alfi yang biasa dipakai menamai anak perempuan.

3. Pamela Safitri

Nama personel Duo Serigala ini ikut menggoyang pencarian di internet pekan ini. Adakah sesuatu yang istimewa dari nama dengan dua suku kata ini?

Ya, nama Safitri cukup populer sebagai nama akhir atau nama tengah bayi perempuan. Pada 2008, sebanyak 3475 nama mengandung kata Safitri. Jika nama Fitri terlalu pendek dan kelewat populer, maka Safitri bisa jadi alternatif yang tetap mudah diingat dan diucapkan.

Sementara untuk Pamela, ini termasuk nama yang cukup klasik menurut situs http://nameberry.com, yakni merupakan 25 nama paling populer di Amerika Serikat pada tahun 1940-an.

Leave a Reply