10 Nama Ilmiah Keren Yang Pas Untuk Bayi Laki-Laki

Apa yang tidak diberikan alam pada kita? Rasanya, alam telah memberi yang terbaik bagi umat manusia di dunia. Mulai dari keindahan pemandangan, kandungan yang dapat dimanfaatkan, hingga tempat tinggal yang nyaman untuk manusia dan mahluk hidup lain dalam melanjutkan generasi. Selain itu, alam terutama bumi yang dipijak memberi berjuta pesona nyata dan kaya makna. Hewan serta tumbuhan menjadi penyeimbang yang membutuhkan campur tangan manusia bijak untuk memeliharanya sehingga tetap terjaga.

Keseimbangan akan tercipta karena adanya kesungguhan dalam menjaga serta memelihara kelestarian alam. Perlu rasa cinta pada alam dari manusia sebagai mahluk yang lebih unggul dari mahluk lainnya. Bagi manusia, rasa cinta dan kekaguman terhadap alam diwujudkan dengan berbagai cara, salah satunya memberi nama anak-anak mereka menggunakan nama-nama hewan dan tumbuhan.

Mungkin ayah bunda sudah terbiasa mendengar nama-nama hewan dan tumbuhan yang disematkan pada bayi perempuan seperti Mawar, Rose, Melati, Pipit, Dara, Dahlia, dan sebagainya. Kali ini tim namamia.com menghimpun 10 nama bayi laki-laki keren yang diambil dari nama ilmiah jenis hewan dan tumbuhan. Selain nama-nama untuk bayi laki-laki ini keren, nama-nama ilmiah ini pun tentu saja memiliki makna filosofis yang baik sesuai harapan Ayah Bunda. Yuk, kita simak nama-nama bayi laki-laki keren yang dimaksud, antara lain:

Ardeidae
Nama ilmiah bayi laki-laki keren pertama adalah Ardeidae yang merupakan nama salah satu family dari burung. Salah satu family Ardeidae adalah burung kuntul. Selain penampilannya yang menarik, burung ini menjadi salah satu burung paling pintar menurut Ilmuwan Kanada, Dr. Louis Levebvre, berdasarkan kebiasaan makannya. Memiliki makna filosofis sebagai mahluk yang pintar, cerdas, serta cakap baik secara skill maupun penampilan, ayah bunda dapat memilih nama Ardaidaei atau Ardae dengan nama panggilan Arde.

Tectona
Tectona grandis L. f merupakan nama ilmiah dari jati. Pohon penghasil kayu berkualitas tinggi ini biasanya tumbuh hingga mencapai 30-40 meter. Pohon jati memiliki kualitas kayu nomor satu karena memiliki daya tahan yang baik terhadap kondisi apapun saat digunakan sebagai barang jadi oleh manusia. Kekuatan inilah yang menjadikan kayu jati bernial jual tinggi dan paling dicari. Tidak ada seorang pun yang ragu terhadap kualitas jati. Memberi namaTectona pada buah hati Ayah Bunda dengan harapan agar ia menjadi generasi yang memiliki jiwa dan raga yang kuat, berkualitas, dan menjadi pengayom orang-orang di sekitarnya. Untuk sentuhan berbeda, ayah bunda dapat memanggilnya dengan nama Ecto.

Spizaetus
Ayah Bunda mengenal Manuk Dadali? Yup, itu merupakan bahasa Sunda yang artinya burung Garuda. Garuda sendiri disematkan oleh Sultan Hamid II, kemudian oleh Presiden Soekarno diberi tambahan Pancasila, mengingat burung Garuda menjadi lambang negara Republik Indonesia. Nama yang lebih polpuler di kalangan awam adalah Elang Jawa. Sedangakan nama ilmiah dari burung Garuda atau Elang Jawa adalah Spizaetus bartelsi. Tentu saja burung Elang memiliki penampilan dan performa yang gagah, tegas, tajam dengan sayap yang membentang kuat. Untuk dijadikan nama anak laki-laki, makna dari burung ini sangat tepat. Jika Ayah Bunda memiliki harapan buah hatinya menjadi generasi yang gagah berani, tegas, penglihatan lahir dan bathin (sensitifitas dan kepedulian) yang tajam terhadap kondisi sekitar, serta bentangan wawasannya luas, maka Spizeatua dengan nama kecil Iza dapat menjadi pilihan.

Sequoia
Pohon apakah yang bisa terus tumbuh tinggi dan membesar serta hidup ribuan tahun lamanya? Benar, itu adalah pohon Sequoia. Pohon yang tumbuh di sepanjang lereng Barat Sierra, Nevada ini dapat tumbuh tinggi mencapai 247 kaki atau sepetinggi gedung 20 lantai. Pohon ini pun biasa disebut dengan Giant Tree oleh orang-orang sekitar. Akarnya menelusuri bagian terdalam tanah untuk mencukupi kebutuhan air, sedang puncak ranting terus tumbuh menjulang tinggi mencari sinar matahari. Tentu saja, pohon ini cukup dominan dan menarik perhatian dibandingkan pohon lainnya. Dari penampilannya, pohon Sequoia merupakan pohon besar, tinggi dan kokoh. Dengan member nama Sequoia, ayah bunda berharap agar buah hatinya memiliki raga yang kuat, jiwa yang kokoh dimana ia mengenali dirinya dengan baik (akar yang dalam), senantiasa mematuhi dan mengikuti petunjuk Sang Pencipta (puncak ranting yang menjulang tinggi), dominasinya digunakan untuk kebaikan bagi banyak orang seperti layaknya pohon sebagai tempat bersandar, berteduh, member kesegaran, dan banyak manfaat lainnya. Ayah Bunda dapat memilih nama bayi laki-laki keren ini, Sequoia, dengan nama panggilannya Eqi.

Alcedo
Alcedo coerulescense merupakan nama ilmiah dari burung Raja Udang atau Kingfisher. Burung Raja Udang memiliki tubuh kecil dengan warna biru kehijauan mengkilap di garis dada dan tubuh bagian atas. Garis warna hitam kebiruan menghiasi mahkota dan penutup sayap. Sedangkan pada kekang, tenggorokkan, dan perut berwarna putih. Selain itu, iris dari burung ini ini berwarna cokelat, paruhnya hitam, dan kakinya merah. kelebihan dari burung jenis ini adalah penglihatannya awas, gerakannya cepat, tangkas dan tepat dalam berburu mangsa yang berada di dalam air.
Menyematkan nama Alcedo pada bayi laki-laki memiliki makna penampilan yang elok, mata tajam terhadap kondisi sekitar, cepat, tepat, tangkas dan fokus pada tujuan hidupnya. Untuk panggilan bayi laki-laki yang keren dari Alcedo adalah Edo.

Mirafra
Burung Branjangan atau Mirafra Javanika merupan burung unik yang dapat menirukan suara burung lain. Suara aslinya sendiri hanya terdiri dari tiga potongan lagu yakni “tit”, “cek” atau “cik” dan “tir”. Burung ini termasuk burung yang memiliki gerakan hovering atau terbang sambil bersuara. Selain dikenal lincah, burung ini senang terbang memanjat membumbung tinggi ke atas sambil bersuara hingga tidak terlihat, kemudian tiba-tiba meluncur keabawah sampai di tanah. Gerakan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecintanya.
Makna filosofis yang dapat diambil adalah lincah dan tepat dalam melakukan tugas, mudah bergaul dan beradaptasi, serta tulus jika melakukan sesuatu (tidak terlihat saat terbang) yang memunculkan keindahan sehingga disukai orang-orang di sekelilingnya. Panggilan keren dari Mirafra adalah Afra.

Hyperion
Selain Giant Tree, Sequoia mendapat julukan lain yakni Hyperion. Hyperion sendiri diambil dari nama seseorang dalam mitologi Yunani. Seperti halnya Sequioa yang telah di bahas sebelumnya, pohon yang ditemukan tahun 2006 pada bulan Agustus ini memiliki tinggi sekitar 115, 72 m. Harapannya, anak nanti menjadi tokoh berpengaruh yang memiliki pendirian kokoh, selalu mengikuti petunjuk sang pencipta dan melindungi orang-orang sekitarnya. Panggilan keren dari Hyperion adalah Eri atau Rio.

Aceros
Rangkong atau Enggang atau Julang merupakan burung berparuh besar menyerupai tanduk sapi namun tidak berbentuk melingkar. Salah satu genus rangkong atau julang adalah Aceros. Rangkong betina yang sedang bertelur serta mengarami berada di dalam sarang yang terbuat dari kotoran dan kulit buah. Sarang yang hampir tertutup menyisakan lubang kecil yang hanya cukup untuk paruh burung jantan saat mengulurkan makanan rangkong betina dan anak-anaknya. Setelah sarang tidak cukup memuat rangkong betina dan anak-anaknya, rangkong betina akan memecahkan sarang tersebut kemudian membangun kembali sarang yang baru. kemudian rangkong jantan dan betina dewasa tersebut akan mencari makanan bagi anak-anak mereka. Anak-anak rangkong pun dapat membangun sarangnya yang pecah sendiri tanpa bantuan burung dewasa pada beberapa spesies.
Filosofi yang dapat ayah bunda ambil saat berniat memberi nama bayi laki-laki dengan nama Aceros adalah tanggung jawab, kemandirian serta kerjasama, kesetiaan, dan cinta pada keluarga. Nama panggilan yang disarankan adalah Eros.

Elanus
Masyarakat biasa menyebut jenis burung ini dengan Alap-alap. Burung pemangsa ini berukuran sekitar 30cm, dengan wajah yang lebih mirip burung Hantu. Saat berkembang biak, kedua orangtua mengerami telurnya hingga menetas. Kemudian jantan lebih banyak menghabiskan waktu mencari makanan. Sang betina menjaga burung muda sambil mencari makanan yang ada didekat sarang. Alap-alap merupakan burung pendiam yang bersuara pada saat-saat tertentu terutama musim kawin. Burung ini juga bersarang secara komunal dengan kelompok sekitar 15-35 ekor.
Makna filosofis dari Elanus antara lain bertanggung jawab serta mengetahui tugasnya, peduli, sayang keluarga, lebih memilih bertindak, dan bicara sebatas hal yang bermanfaat. Panggilan yang disarankan dari nama Elanus adalah Elan.

Regia
Keindahan bunga Flamboyan memang tidak dipungkiri lagi. Bunga ini menjadi penambah semarak pesona sebuah taman dengan warna hangat jingga kemerahan. Dahan, ranting dan dedaunan menciptakan suasana yang teduh ketika berada di bawah pohon Regia atau Flamboyan. Kesan ini pun menciptakan makna filosofis dari Regia, yakni seorang pribadi yang hangat, baik, memberi keteduhan saat berada di dekatnya, namun tetap kokoh baik jiwa maupun raganya. Nama panggilan untuk Regia adalah Egi atau Gia.

Demikianlah 10 nama-nama ilmiah dari hewan dan tumbuhan yang keren beserta panggilannya bagi bayi laki-laki Ayah dan Bunda. Semoga menambah inspirasi!

Foto: Pixabay

Leave a Reply