6 Nama Anak yang Populer dan Diambil Dari Nama Bintang Terang di Langit Malam

[nextpage title=”ALYA”]Nama-nama bintang di langit banyak dipilih orangtua untuk menamai anak mereka. Selain bercahaya terang di kelamnya malam, bintang-bintang tersebut juga berada di angkasa raya yang amat tinggi. Dua hal itulah yang menjadikan bintang di langit malam menjadi istimewa dijadikan nama anak perempuan atau laki-laki.

Di Indonesia, Alya merupakan nama paling populer dari sekian nama bintang di langit yang sering dipilih sebagai nama bayi. Selain mudah diucapkan lidah nusantara, nama ini juga cukup mudah untuk diingat. Popularitas nama ini mungkin juga terkerek naik karena sosok aktris Alya Rohali yang cukup bersinar di jagat hiburan. Variasi dari nama ini, Aliya, juga pernah tayang di SCTV sebagai judul sinetron.

Nama lain yang banyak digunakan sebagai nama anak perempuan yaitu Vega. Bintang di rasi Libra ini, selain sangat feminin, juga nama yang enak didengar dan mudah diberi awalan atau akhiran. Variasinya seperti Vegasari, Novega, Gardivega, dan sebagainya. Dari kalangan selebritis pemilik nama ini antara lain Vega Darwanti dan Nadia Vega. Di mancanegara, nama Paulina Vega asal kolombia terpilih sebagai perempuan tercantik dalam ajang Miss Universe 2015.

Untuk nama anak laki-laki, pilihan jatuh pada nama Altair. Dalam bahasa Arab, al-tair sebenarnya berarti burung, tetapi nama ini cukup banyak dipilih orang tua yang hobi main game komputer karena nama tersebut menjadi karakter utama pada game Assasin’s Creed.

Apa saja nama bintang terang yang paling banyak dipilih sebagai nama anak? Yuk, kita simak arti dan asal katanya dimulai dari yang pertama.

1. ALYA

Feminin
Alya merupakan nama tradisional dari Theta Serpentis pada rasi Serpens. Asal katanya berasal dari bahasa Arab yang artinya ekor yang berlemak.
Tetapi Alya bisa juga berasal yang berasal dari kata ala “naik” dan makna “luhur, tinggi”, sehingga bermakna “langit, surga, kebesaran”.[/nextpage]

[nextpage title=”VEGA”]

2. VEGA

Feminin
Nama bintang di rasi Lyra. Namanya berasal dari bahasa Arab al-waqi yang berarti “yang menukik (elang)”.[/nextpage]

[nextpage title=”ADARA/ADHARA”]

3. ADARA/ADHARA

Feminin
Asal katanya berasal dari bahasa Arab yang berarti perawan. Berarti mulia dalam bahasa Ibrani dan cantik dalam bahasa Yunani. Adhara merupakan nama tradisional bintang Epsilon yang paling terang ke-2 pada rasi Janis Major.[/nextpage]

[nextpage title=”ALDEBARAN”]

4. ALDEBARAN

Aldebaran adalah bintang raksasa berwarna oranye yang terletak sekitar 65 tahun cahaya di rasi zodiak Taurus. Aldebaran adalah bintang paling terang di rasi tersebut dan merupakan salah satu bintang paling terang di langit malam. Nama Aldebaran berasal dari bahasa Arab al-dabarān dan diterjemahkan secara harfiah sebagai “pengikut”, mungkin karena bintang terang ini tampaknya mengikuti Pleiades, atau “Seven Sisters” gugus bintang di langit malam.
[/nextpage]

[nextpage title=”HADAR”]

5. HADAR

Adalah nama tradisional dari Beta Centauri yang merupakan bintang tercerah kedua di rasi Centaurus dan sebagai bintang tercerah kesepuluh di langit malam. Nama Hadar berasal dari bahasa Arab, akar katanya yaitu “untuk hadir” atau “di tanah” atau “menetap, daerah beradab”[/nextpage]

[nextpage title=”ALTAIR”]

6. ALTAIR

Merupakan bintang paling terang ke-12 di langit dan bintang paling terang di rasi Aquila.
Altair menjadi nama karakter utama dalam game komputer Assasin’s Creed.
Altair adalah nama unisex, tetapi lebih populer dengan anak laki-laki di masa lalu.
Asal katanya berasal dari bahasa Arab ‘al-tair’ atau ‘atair’ yang berarti burung.[/nextpage]

Leave a Reply