Pilih Nama Ramadhan atau Ramadan?

Alih aksara dari huruf Arab ke huruf Latin seringkali tidak seragam. Bahkan di dalam pemberitaan media massa, yang setiap saat berkutat dengan kata-kata, sering kita jumpai ada yang menulis ‘Ramadhan’ dan sebagian lain menggunakan ‘Ramadan’.

Lalu bagaimana saat para orangtua memberi nama anak mereka?

Ternyata, perbedaan tersebut juga merembet saat para orangtua memberi nama anak bayi laki-laki dan anak perempuan mereka. Sebagian besar memang memilih ‘Ramadhan’, tetapi cukup banyak juga yang menyukai pilihan ‘Ramadan’ sebagai nama anak.

Dari hasil penelusuran tim Namamia terhadap sekitar 1,5 juta nama, ‘Ramadhan’ paling banyak dipilih sebagai nama belakang (48%), nama tengah (46%) dan hanya sedikit saja sebagai nama depan (6%). Sedangkan yang memilih ‘Ramadan’ terbanyak untuk nama tengah (61%), nama belakang (33%), dan diikuti nama depan (6%).

ramadhan_nama

Variasi
Dilihat dari variasinya, ‘Ramadhana’ dan ‘Ramadhani’ merupakan variasi nama yang paling banyak dipilih setelah ‘Ramadhan’ dan ‘Ramadan’. Dan dari bunyi huruf akhirnya, mudah ditebak kalau ‘Ramadhana’ adalah nama untuk anak laki-laki dan ‘Ramadhani’ untuk anak perempuan.

Dari data yang sama, diketahui pula jika ‘Ramadhani’ lebih banyak dipilih sebagai nama belakang. Sementara itu, ‘Ramadhana’ banyak diposisikan sebagai nama tengah.

ramadhan_nama_akhir

Lalu nama apa yang paling banyak disandingkan dengan nama ‘Ramadhan’ dan ‘Ramadan’?

Setelah nama ‘Muhammad/Muhamad/Ahmad’, nama yang banyak digandeng yaitu Gilang, Suci, dan Rizky/Rizki. Banyaknya yang memilih nama ‘Gilang’ kemungkinan besar karena dipengaruhi nama musisi terkenal Gilang Ramadhan.

ramadhan_gandengan

Nama ‘Ramadhan’ atau ‘Ramadan’ tak akan pernah surut dijadikam sebagai nama anak. Pada bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh dan memperbanyak ibadah.

Karena itu, ayah dan bunda tidak perlu ragu, karena ‘Ramadhan’ dan ‘Ramadan’ maknanya adalah bulan yang sama. Selamat berpuasa!

Leave a Reply