10 Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Air Susu Ibu (ASI) adalah susu yang diproduksi oleh Ibu untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang masih belum dapat mencerna secara sempurna. Akan tetapi pada usia 6 Bulan bayi perlu mendapat makanan tambahan pendamping ASI, bayi diberikan makanan pendaping pada usia 6 bulan karena proses pencernaan bayi yang sudah mulai sempurna.

Memberikan makanan pendaping ASI juga harus mencakupi kebutuhan nutrisi bagi bayi dan secara perlahan mulai mengenalkan makanan selain ASI yang biasanya bayi konsumsi. Serta sebagai salah satu cara melatih indra perasa pada bayi.

Dan yang perlu diperhatikan adalah memberikan makanan yang harus sesuai dengan kemampuan bayi untuk mencernanya dan sebaiknya untuk bayi merupakan buatan sendiri hal itu berguna untuk menjaga nutrisi dan kualitas bahan yang digunakan.

Inilah 10 makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan.

  1. Wortel

Wortel biasanya direbus untuk bayi atau ditambahkan sebagai campuran kedalam bubur. Wortel sangat berkhasiat karena memiliki kandungan sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, serta mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fasfor, kalium, dan sodium.

  1. Buah Bit

Buah bit walaupun disebut buah akan tetapi bit adalah jenis umbi-umbian. Buah bit sangat cocok untuk makanan pendamping ASI karena memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan zink. Dan biasanya buah bit untuk bayi usia 6 bulan diolah dengan cara Puree (buah-buahan atau sayur-sayuran yang dihaluskan).

  1. Pisang

Buah pisang sudah sangat umum sebagai makanan pendamping ASI, karena cara penyajiannya yang mudah. Bila Anda kerepotan membuat bubur pisang Anda dapat memberikannya sedikit demi sedikit daging pisang menggunakan sendok bayi. Dan nutrisi yang terkandung di dalam buah pisang antara lain vitamin A, fosfor, asam folat, dan kalsium.

  1. Pepaya

Hampi sama dengan buah pisang buah papaya menjadi makanan pendamping ASI yang sangat umum, buah papaya juga sama dengan buah pisang dalam penyajiannya. Buah paya dapat dijadikan bubur atau memberikan sedikit demi sedikit daging buah papaya. Didalam buah papaya terkandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, papaya juga memperlancar pencernaan bagi yang sulit buang air besar (BAB), folat, vitamin C, beta karoten, dan vitamin E yang mampu mengurangi resiko kanker usus besar.

  1. Alpukat

Alpukat biasanya disajikan dalam bentuk bubur. Alpukat memiliki kandungan vitamin A &C, kalsium dan magnesium. Dan nutrisi dalam alpukat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik pada bayi.

  1. Pir

Buah pir biasanya terasa sedikit asam dan untuk makanan pendamping bayi kamu harus menggunakan buah Pir Xiang Lie untuk dijadikan bubur karena rasanya cukup manis tanpa harus ditambahkan gula.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar kamu bisa sajikan dengan direbus saja atau kamu bisa jadikan bubur. Ubi jlar merupakan makanan sehat yang banyak mengandung kalsium, zat besi, serta vitamin A, vitamin C, vitamin E dan untuk membantu proses pertumbuhan.

  1. Kentang

Kentang juga menjadi salah satu makanan pendamping yang paling umum, kentang biasanya disajikan dengan direbus sampai benar benar lunak atau dijadikan bubur kentang. Kentang memiliki kandungan diantaranya vitamin A, B-kompleks, C, dan asam folat.

  1. Brokoli

Brokoli juga sangat bagus sijadikan sebagai makanan pendamping ASI karena memiliki kandungan seperti, vitamin A, C & E, B6 dan kandungan lainnya yang terkandung di dalam brokoli. Brokoli biasanya dijadikan bahan campuran bubur.

  1. Kacang Merah

Kacang merah bisa disajikan dengan dijadikan bubur, selain kacang merah mudah didapat ternyata nilai gizi yang terkandung didalam kacang merah tinggi. Kamu bisa memasak bubur kacang merah dengan merebusnya hingga lunak dan saring untuk mendapatkan tekstur yang benar-benar lembut.

Leave a Reply