Deretan Pebulu Tangkis Indonesia Terbaik, Mana Idolamu?

Menjelang kompetisi All England diselenggarakan, BWF telah melakukan update peringkat pebulu tangkis dunia. Berikut ini merupakan nama-nama penulis tangkis Indonesia terbaik yang masuk dalam 10 besar peringkat dunia.

1. Anthony Sinisuka Ginting

Bermain di cabang tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting menduduki peringkat 5 dunia. Anthony dalam berbagai bahasa berarti pendoa, terpuji, dan berharga. Adapun Sinisuka berasal istilah Batak. Sini dalam Bahasa Batak artinya dari, Suka adalah nama desa di Sumatera Utara yang merupakan kampung halamannya. Jadi, Sinisuka berarti berasal dari Suka. Adapun Ginting merupakan marga.

2. Jonatan Christie

Selain Anthony Ginting, pemain tunggal putra Jonathan Christie pun tak mau kalah. Dengan kemampuannya, kini ia menempati peringkat 7 dunia. Jonathan dalam Bahasa Indonesia artinya penasehat, kepandaian, dan rejeki, sedangkan dalam Bahasa Kristiani berarti pemberian tuhan. Nama Christie sendiri merupakan bentuk lain dari kristen.

3. Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon

Beralih ke pasangan ganda putra yang mendapat julukan The Minions. Mereka adalah Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon yang berhasil mempertahankan posisinya di peringkat 1 dunia.

Nama Kevin Sanjaya berasal dari Bahasa Irlandia dan Indonesia yang berarti anak yang lembut dan sang pemenang. Dalam berbagai bahasa, Marcus memiliki arti suka berperang atau berjiwa kompetitif, sedangkan Gideon berarti penghancur, pahlawan, dan penebang pohon.

4. Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan

Sama dengan The Minions, pasangan yang satu ini juga belum beranjak dari peringkat 2 dunia. Mereka adalah Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan. Mohammad merupakan nabi terakhir dalam Islam, sedangkan Ahsan berasal dari Bahasa Arab yang artinya terbaik. Adapun nama Hendra Setiawan berasal dari Bahasa Indonesia, yaitu petuah dewa dan seorang yang setia.

5. Fajar Alfian dan M. Rian Ardianto

Masih dengan pasangan ganda putra, pasangan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto menduduki peringkat 7 dunia. Fajar dalam berbagai bahasa berarti dini hari. Adapun nama Alfian dalam Bahasa Inggris-Amerika artinya teman bangsawan, sedangkan dalam Bahasa Irlandia berarti agung. Muhammad merupakan nama nabi ke-25 dalam Islam, Rian Ardianto berasal dari Bahasa Jawa yang artinya teguh dan bijaksana, serta kehormatan.

6. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu

Beralih ke ganda putri, ada pasangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang masih bertahan di peringkat 6 dunia. Nama Greysia merupakan bentuk lain dari Gracia yang dalam Bahasa Latin artinya diberkati dan baik hati, sedangkan dalam Bahasa Spanyol berarti anggun. Adapun nama Polii diambil dari nama sang ayah. Selanjutnya nama Apriyani menandakan seseorang yang lahir di Bulan April, sedangkan Rahayu dalam Bahasa Indonesia berarti tentram.

7. Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti

Peringkat 4 dunia kategori ganda campuran, ditempati oleh Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti. Seorang yang bernama Praveen berarti ia berbakat, cerdas, dan sangat kreatif, sedangkan Jordan dalam Bahasa Kristiani artinya mengalir. Melati merupakan nama bunga, sedangkan Daeva dalam Bahasa Sansekerta berarti dewa atau kebaktian. Adapun Oktavianti memiliki Arti yang lahir di Bulan Oktober.

7. Hafiz Faizal dan Gloria E. Widjaja

Terakhir ada pasangan ganda campuran Hafiz Faizal dan Gloria Emanuelle Widjaja yang menempati peringkat 8 dunia. Hafiz dalam Bahasa Arab artinya menjaga (hafalannya), sedangkan Faizal dalam Islam artinya pemisah antara kebaikan dan kejahatan. Gloria berasal dari Bahasa Latin dan Portugis yang artinya kejayaan atau keagungan, Emanuelle dalam Bahasa Rumania berarti Tuhan bersama kita, dan Widjaja dalam Bahasa Indonesia artinya unggul, menang, dan berjaya.

Nah, dari deretan nama di atas, yang mana idolamu?

Leave a Reply