Nama Keren dan Unik Anak Nusantara

Salah satu yang diinginkan orangtua adalah nama anak yang unik dan tidak pasaran. Semakin populer sebuah nama, makin banyak pula anak bayi baru lahir yang diberi hadiah nama yang sama.

Apakah kita bisa memilih sebuah nama yang unik? Bisa.. asalkan nama yang diambil berasal dari urutan yang tidak populer alias berada di ranking bawah.

Dari penelusuran tim Namamia, kita akan mendapatkan nama relatif unik jika nama berada pada ranking 10.000 dan seterusnya. Pada posisi tersebut, sebuah nama hanya digunakan oleh kurang dari 10 anak per satu juta nama.

Dalam serial tulisan berikut kami akan menyajikan nama-nama yang unik dan menarik yang diambil dari nama anak Indonesia 2008. Setiap daftar akan berisi sepuluh nama yang disertai arti nama, asal bahasa, dan informasi lain yang relevan.

nama_anak_riza_nugraha

1. Leksa
Situs Babynamescube menyebut arti leksa adalah ‘singa’. Kata ini asalnya ditemukan dalam bahasa Finlandia.

2. Yura
Nama ini cocok untuk nama anak laki-laki. Situs Sheknows menyebut arti kata Yura yaitu ‘petani’ yang diambil dari bahasa Yunani dan Rusia

3. Akira
Nama Akira adalah nama untuk bayi laki-laki. Nama Akira berasal dari bahasa Jepang yang artinya ‘anak cerdas’.

4. Fanesya
Penelusuran kami tidak menemukan arti nama Fanesya secara spesifik. Kemungkinannya nama tersebut merupakan variasi dari nama ‘Vanessa’ yang diambil dari bahasa Latin. Dikutip dari situs Behindthename, nama Vanessa pertama kali muncul dalam puisi Jonathan Swift yang berjudul ‘Cadenus dan Vanessa’ (1726).

5. Farellio
Nama Farellio kemungkinannya merupakan bentuk kreatif dari nama Farrell yang artinya berani dalam bahasa Irlandia.

6. Addin
Nama ini jika dipisah menjadi ad-din (transliterasi bahasa Arab) artinya agama. Tetapi di Indonesia nama ini bisa jadi merupakan bentuk lain dari nama klasik Adin.

7. Handri
Arti nama Handri adalah terampil. Sepintas nama ini terdengar seperti nama Henry dalam bahasa Skotlandia.

8. Aditama
Menurut kamus bahasa Indonesia daring, Aditama artinya berkemampuan amat baik.

9. Suhaimi
Dalam bahasa Sansekerta, Suhaimi artinya amat tinggi.

10. Henni
Nama Henny dan Hennie ditemukan dalam bahasa Belanda. Dalam bahasa Perancis arti nama Henny adalah: penjaga perapian. Variasi nama ini berasal dari Henriette, bentuk feminin dari Henry.

Kredit foto: Riza Nugraha

1 Comment

Nama-nama keren di Indonesia yang paling terkenal adalah Agus, Paijo, Bambang.. Nama yang khas Indonesia. hehe
Semoga setiap nama membawa ke arah yang lebih baik pemiliknya.

Leave a Reply