Arti Nama 12 Princess Disney yang Cantik

Bagi kamu para penggemar film animasi Disney, tentunya kamu sudah hapal benar dengan 12 karakter Princess Disney yang cantik dan mengagumkan. Tak hanya cantik parasnya, ternyata nama mereka juga memiliki arti yang cantik loh!

1. Belle

Pemeran utama dalam film Beauty and The Beast ini diceritakan sebagai gadis cantik, rajin, dan sangat suka dengan buku dan mawar. Karena mawar jugalah ia bisa sampai di Istana dan bertemu dengan Beast. Belle dalam Bahasa Perancis dan Spanyol artinya cantik.

2. Rapunzel

Siapa tak kenal dengan Rapunzel? Rambut pirang yang sangat panjang dan menara menjadi dua hal yang paling diingat. Tak pernah keluar dari menara, putri yang satu ini menghabiskan waktunya dengan melukis. Nama Rapunzel sendiri diambil dari nama sebuah bunga yang berwarna ungu seperti terompet yang ada kebun Mother Gothel. Tentunya kamu bisa menebak bunga itu bukan? Ya, itu adalah bunga ajaib yang dikonsumsi Ibu Rapunzel yang sedang sakit saat mengandungnya!

3. Ariel

Berbeda dengan karakter lainnya, karakter Ariel berasal dari dasar laut, yakni seorang putri duyung. Tokoh utama animasi The Little Mermaid yang menceritakan perjuangan putri duyung yang ingin menjadi seorang manusia. Namun, meski perannya adalah putri duyung, mama Ariel sendiri dalam Bahasa Ibrani memiliki arti singa.

4. Tiana

Karakter Princess Tiana hadir dalam animasi The Princess and The Frog. Meskipun awalnya Tiana bukan seorang princess, namun ia menjadi princess ketika menikah dengan Pangeran Neevan saat keduanya menjadi katak. Secara karakter, Tiana berarti seorang yang pemaaf. Namun Tiana juga merupakan pengembangan dari nama Tia yang dalam Bahasa Yunani artinya putri raja dan Bahasa Indonesia berarti dewi.

5. Moana

Tak seperti princess Disney lainnya yang digambarkan digambarkan dengan anggun dengan gaunnya, Moana digambarkan sebagai sosok remaja pemberani berusia 16 tahun yang memiliki keterikatan dengan lautan. Ia lahir dan besar sebagai calon penerus kepala suku di Pulau Motonui, kawasan Polinesia. Sesuai dengan karakternya, nama Moana dalam Bahasa Hawai berarti samudera.

6. Cinderella

Mungkin bisa dibilang ia adalah karakter Princess Disney yang paling populer. Ibu peri, tikus-tikus, dan sepatu kaca merupakan tiga hal paling penting yang merubah nasibnya. Sama seperti nasibnya yang dijadikan upik abu oleh ibu dan dua saudara tirinya, Cinderella dalam Bahasa Perancis memiliki arti abu.

7. Aurora

Karakter Aurora hadir dalam animasi Sleeping Beauty, seorang putri yang tertidur karena kutukan dari jarum pintal. Nama Aurora dalam berbagai bahasa memiliki arti fajar atau terbenam. Namun sebetulnya Aurora merupakan fenomena alam berupa pancaran cahaya warna-warni cantik yang terjadi di daerah kutub. Jika kamu berharap anakmu menjadi cantik dan bercahaya, mungkin ini adalah nama yang cocok.

8. Merida

Putri pemberani yang berusaha menghapus stereotip putri yang harus tampil anggun, lembut, dan feminin. Ia adalah Merida yang lihai berkuda dan berburu, yang mengajarkan untuk bisa menjadi diri sendiri. Merida berasal dari Bahasa Latin yang artinya siang hari. Selain itu, dalam Bahasa Celtic Merida berarti mutiara.

9. Pocahontas

Animasi yang satu ini menceritakan Pocahontas, putri tunggal Kepala Suku Powhatan yang senang berpetualang. Suatu hari, iertemu dengan seorang laki-laki asing bernama John Smith yang datang bersama rombongannya dengan sebuah kapal. Pertemanannya ditentang oleh kedua belah pihak, yakni Suku Powhatan dan rombongan pendatang dari kapal tersebut. Nama Pocahontas berasal dari Bahasa Algonquin yang berarti gadis ceria. Nama ini dipilih untuk menggambarkan karakternya sebagai sosok gadis yang penuh semangat dan original.

10. Jasmine/Yasmin

Karakter Putri Yasmin hadir dalam film animasi Aladdin yang juga sudah dirilis dalam bentuk live action pada tahun 2019 lalu. Karakter yang juga tak bisa dilupakan tentunya Aladdin, Putri Yasmin, Abu, dan karpet terbangnya. Tak lupa lampu ajaib dan jin biru bernama Genie yang mengabulkan tiga permintaan. Jasmine/Yasmin dalam berbagai bahasa berarti bunga melati.

11. Mulan

Jika mengingat film animasi Mulan, maka kita akan langsung mengingat sound track-nya yang berjudul Reflection. Film ini bercerita tentang seorang gadis Tionghoa yang menggantikan ayahnya ke medan perang dan menyamar menjadi laki-laki. Nama Mulan memiliki arti kayu anggrek, nama ini dipilih sesuai dengan pribadinya yang kuat namun cantik.

12. Snow White

Apel, kaca ajaib, dan tujuh kurcaci adalah tiga hal yang pasti kalian ingat dari film animasi Snow White and the Seven Dwarfs. Seorang putri yang diberikan apel beracun karena kecantikannya menandingi kecantikan sang ibu tiri. Sesuai karakternya yang lembut bagaikan salju, ia pun diberi nama Snow White yang artinya salju putih.

Leave a Reply