Arti Nama-Nama Ketua DPR RI di Masa Reformasi.

Belakangan ini Gedung DPR RI yang terletak di Senayan ramai didatangi massa yang terdiri dari mahasiswa, buruh, bahkan pelajar untuk melakukan aksi demo. Demo ini dilaksanakan lantaran para anggota Dewan tersebut baru-baru ini mengesahkan UU Cipta Kerja atau akrab disebut Omnibus Law.

Bukan hanya belakangan ini, sejak dahulu pun DPR sudah langganan didemo oleh massa. Nah, siapa saja sih Ketua DPR RI dari masa ke masa? Terutama pada masa reformasi pasca orba selesai. Dan kira-kira apa saja yaa arti nama beliau? Yuk kita cek di bawah ini!

1. Akbar Tanjung

Pria asal Tapanuli Tengah ini menjabat menjadi Ketua DPR RI sejak tahun 1999–2004. Ialah Akbar Tanjung yang berhasil menjadi Ketua DPR RI dengan dukungan dari Partai Golkar. Akbar berasal dari Bahasa Arab yang berarti besar, sedangkan Tanjung adalah marga dari Minangkabau.

2. Agung Laksono

Masih dari Partai Golkar, pengganti dari Akbar Tanjung yaitu Agung Laksono. Ia menjabat sebagai Ketua DPR RI mulai tahun 2004–2009. Agung dalam Bahasa Indonesia dan Jawa artinya mulia dan besar. Adapun Laksono dalam Bahasa Jawa memiliki arti bagaikan. Sehingga makna nama Agung Laksono adalah bagaikan yang mulia/orang besar.

3. Marzuki Alie

Selanjutnya pada tahun 2009–2014, jabata Ketua DPR RI dipegang oleh Marzuki Alie dari Partai Demokrat. Nama Marzuki diambil dari Pahlawan Indonesia, yaitu Ismail Marzuki. Alie dalam bahasa Indonesia artinya putra yang terpuji, sedangkan dalam Bahasa Arab berarti tinggi.

4. Setya Novanto

Pria yang tersandung kasus korupsi ini menjadi Ketua DPR RI hanya 1 tahun saja, yakni pada tahun 2014–2015. Ia adalah Setya Novanto. Setya dalam Bahasa Indonesia artinya setia dan sejahtera. Novanto dalam Bahasa Jawa, artinya pertempuran, peperangan, dan kesembuhan. Selain itu, nama Novanto juga menandakan beliau lahir di Bulan November.

5. Fadli Zon

Fadli Zon menggantikan Setya Novanto sebagai pelaksana tugas lantaran Setya Novanto tersandung kasus korupsi. Fadli dalam Bahasa Arab berarti kelebihan, sedangkan nama Zon diambil dari nama sang ayah, yakni Zon Harjo.

6. Ade Komarudin

Ade Komarudin menjadi Ketua DPR RI pada tahun 2016 menggantikan Setya Novanto yang terlibat kasus korupsi. Ade dalam Bahasa Indonesia berarti adik, sedangkan Komarudin berasal dari kata Komar yang dalam Bahasa Arab artinya bulan.

7. Bambang Soesatyo

Bambang Soesatyo yang kini menjabat sebagai Ketua MPR RI, dahulu pun pernah menjadi Ketua DPR RI pada tahun 2018–2019. Bambang dalam Bahasa Indonesia artinya prajurit/ksatria. Adapun Soesatyo dalam Bahasa Indonesia artinya setia dan sejahtera.

8. Puan Maharani

Resmi menjabat setelah dilantik pada 1 Oktober 2019, Puan Maharani merupakan perempuan pertama yang berhasil menjadi Ketua DPR RI. Dalam Bahasa Indonesia, Puan artinya perempuan, sedangkan Maharani dalam artinya ratu/permaisuri.

Nah, menurutmu bagaimana arti nama dari ketua para wakil rakyat tersebut?

Leave a Reply