Arti Nama Para Personel Project Pop

P-O-P P-O-P P-O-P go go!
Dangdut is the music of my country, my country oh my country..
Siapa sih yang tak pernah dengar penggalan lirik di atas? Apalagi generasi 80 sampai dengan 90an. Pastinya lagu dari vokal grup Project Pop yang digawangi oleh Yosi, Udjo, Tika, Gugum, dan Odie ini sudah sangat melekat di telinga dan juga hati karena sudah mewarnai masa-masa remaja nan indah.
Sekalian nostalgia, yuk kita cari tahu para personnel dan juga arti nama mereka!

1. Yosi
Hermann Josis Mokalu atau yang lebih dikenal dengan nama Yosi adalah personel grup musik asal Bandung, Project Pop. Yosi bergabung dengan Project Pop sejak tahun 1995. 
Herman dalam berbagai bahasa artinya agung, keteguhan, atau prajurit bersenjata. Nama Josis melambangkan semangat yang membaja. Selain itu Josis juga berasal dari kata Jose yang dalam berbagai bahasa berarti yang Tuhan berikan. Adapun Mokalu adalah marga yang berasal dari Manado/Minahasa.

2 Udjo
Pria yang akrab disapa Udjo ini bernama lengkap Djoni Permato. Udjo Project Pop adalah seorang pemeran, penyanyi dan pelawak Indonesia dan merupakan anggota Project Pop. Ia merupakan keturunan Minangkabau.
Djoni dalam Bahasa Indonesia artinya pekerjaan yang sempurna dan dapat pula diartikan anak yang lahir di Bulan Juni dengan selamat. Sedangkan Permato atau Permata berarti yang berharga, bangsawan.

3. Tika
Siapa tak kenal dengan satu-satunya personel wanita di vokal grup ini? Ia bernama Kartika Rachel Setia Redjeki Panggabean atau lebih dikenal dengan nama Tika Panggabean. Selain bernyanyi di Project Pop, ia juga aktif di bidang seni peran. Salah satu perannya yang paling hits adalah pada Sitkom OB sebagai Mpok Odah.
Kartika memiliki arti yang banyak dalam Bahasa Indonesia, seperti bintang yang bersinar, bulan, keteguhan, dan kebijaksanaan. Rachel dalam berbagai bahasa artinya domba betina, Setia dalam Bahasa Indonesia artinya yang setia atau teguh hati, sedangkan Redjeki artinya pemberian. Adapun Panggabean adalah salah satu marga Batak.

4. Gugum
Bernama lengkap Gumilar Nurochman. Lebih dikenal dengan nama Gugum Project Pop, pria asal Bandung ini adalah seorang penyanyi, pemeran, dan pelawak Indonesia .
Gumilar dalam Bahasa Jawa artinya anak yang terus terang, sedangkan Nurochman berasal dari Bahasa Arab yang artinya cahaya pengasih.

5. Odie
Wahyu Rudi Astadi lebih dikenal sebagai Odie adalah salah satu personel Project Pop. Pria kelahiran Jember ini adalah lulusan S1 Fisip Universitas Parahyangan Bandung. Ia pun pernah mendukung acara TV “Project-P”, “Keluarga Cilaki”, “Project Show”, “Dinasti Poe”, “Paras”, dan “Joged”.
Wahyu dalam berbagai bahasa artinya petunjuk, sedangkan Rudi dalam Bahasa Indonesia, artinya kebahagiaan, kehormatan dan pernikahan. Adapun Astadi berasal dari kata Asta yang dalam Bahasa Sunda adalah bumi.

6.Oon
Personel yang memiliki nama lengkap Muhammad Fachroni ini lebih dikenal dengan nama Oon. Sampai akhir hayatnya, pria asal Bandung ini tetap tergabung dalam grup Project Pop. Ia meninggal pada tahun 2017 karena komplikasi penyakit yang dideritanya.
Muhammad adalah nama nabi ke-25 dalam Islam, sedangkan Fachroni dalam Bahasa Indonesia artinya keadilan.

Nah, sekarang sudah tau kan arti mama idolamu?

Leave a Reply