Para Tokoh di Balik Kesuksesan Produk Asli Indonesia yang Sering Disangka dari Luar Negeri

Tentunya sebagai konsumen Anda pasti sudah sering mendengar merk/brand terkenal seperti Hoka-Hoka Bento, J.CO, hingga Polygon. Atau mungkin kamu sudah sering mengkonsumsi atau menggunakan produk tersebut? Namun siapa sangka sebenarnya bahwa sebenarnya itu semua adalah produk dan merk asli Indonesia.

Nah, berikut ini merupakan produk-produk asli Indonesia yang sering disangka berasal dari luar negeri:

1. Hoka-Hoka Bento

Siapa sih yang tak tahu Hoka-Hoka Bento atau lebih sering disingkat HokBen? Restoran yang menyajikan masakan Jepang ala Bento ini pertama kali didirikan di Jakarta pada tahun 1985 di bawah lisensi PT. Eka Bogainti oleh Hendra Arifin. Hendra dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Sunda artinya petuah dewa, sedangkan Arifinberasal dari kata Arif yang berarti bijak.

2. J.CO

Sama-sama bergerak di bidang kuliner, brand lokal yang satu ini menjual donat khas Amerika yang beragam. Ide ini tercetus lantaran sang pemilik yang gemar mencicipi berbagai jenis donat khas Amerika. Pendirinya tak lain adalah Johnny Andrean yang juga pengusaha salon. Dalam berbadai Bahasa Johnny yang berasal dari kata John memiliki arti kemegahan Tuhan, sedangkan Andrean dalam Bahasa Inggris artinya berani.

3. Buccheri

Terkenal dengan berbagai produk fashion seperti tas, sepatu, dan sandal, ternyata Buccheri merupakan merek asli Indonesia loh! Memang sih, nama Buccheri diambil dari nama sebuah kota di Italia yang merupakan negeri penghasil sepatu, namun perusahaan ini didirikan oleh Ediansyah asal Indonesia. Nama Ediansyah memiliki arti cahaya kebenaran.

4. Casablanca

Tentunya kamu pasti tahu merek parfum yang satu ini. Meskipun sering memakai model iklan dari luar, namun produk ini asli Indonesia. Diproduksi oleh PT. Priskila Prima Makmur (PPM), perusahaan yang dirintis oleh Liong Juen Fat di bilangan Muara Karang yang berawal dari produksi rumahan.

5. Lea Jeans

Celana jeans sudah menjadi pilihan mode, terutama di kalangan anak muda. Salah satu merek yang terkenal adalah Lea Jeans. Dengan berbagai jenis model yang dkeluarkan dan kualitas yang sangat bagus, banyak yang salah mengira produk ini berasal dari Amerika Serikat. Padahal Lea Jeans ini produk asli Indonesia yang dikeluarkan oleh PT. Lea Sanent yang bertempat di Tangerang loh! PT. Lea Jeans dirintis oleh Gani Sadjaja sejak tahun 1971. Gani dalam Bahasa Melayu dan Indonesia artinya kaya, sedangkan Sadjaja (ejaan lama) berarti kejayaan, kesuksesan, keberhasilan.

6. Eiger

Untuk kalian yang suka dengan olahraga outdoor seperti panjat tebing dan naik gunung, produk-produk Eiger pasti sudah menjadi pilihan kalian. Pasalnya, produk asli buatan Indonesia ini memang punya kualitas yang mantap sih. Eiger didirikan oleh Ronny Lukito.

Nama Ronny atau Rony dalam Bahasa Skandinavia artinya gunung kekuatan. Namun jika Ronny berasal dari kata Ron, dalam Bahasa Amerika memiliki arti pemimpin yang baik. Sedangkan bila namanya berasal dari kata Roni dalam bahasa Indonesia, artinya perasaan pada keadilan dan dalam bahasa lainnya berarti lagu riang gembira. Adapun Lukito dalam bahasa Indonesia artinya luhur dan welas.

7. Polygon

Bagi kamu yang gemar bersepeda, pasti sepeda dengan merek Polygon sudah tak asing lagi di telingamu. Polygon Bikes atau PT. Intera Sena merupakan perusahaan asal Indonesia yang dirintis oleh
Soejanto Widjaja yang berbasis di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Soejanto (ejaan lama) berarti lelaki yang baik dan sopan, sedangkan Widjaja (ejaan lama) artinya yang berjaya, unggul.

Nah, itu dia sederet merek Indonesia yang sering disangka dari luar negeri. Ternyata banyak sekali kan karya anak bangsa yang begitu membanggakan? Tentunya masih banyak lagi loh produk Indonesia lainnya yang sudah mendunia. Yuk bangga produk sendiri!

Leave a Reply