10 Car Seat Terbaik untuk Bayi Agar Nyaman di Perjalanan

Car seat tidak hanya berfungsi memudahkan para orangtua saat di perjalanan, tapi juga berperan penting sebagai pelindung bayi agar terhindar dari benturan maupun bahaya pengereman mendadak.

Ketika membelinya, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal penting, seperti material yang digunakan, keunggulan, harga, dan yang tidak kalah penting adalah, Anda juga harus mempertimbangkan mereknya.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa rekomendasi car seat terbaik dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagai pengetahuan mengenai car seat serta cara memasangnya.

Mengenal car seat dan manfaatnya

Car seat dibuat khusus untuk bayi. Biasanya barang yang satu ini selalu menghadap ke belakang mobil dan digunakan sejak hari pertama sampai bayi Anda mencapai tinggi atau batas berat kursi. Ada banyak jenis car seat yang bisa disesuaikan dengan usia bayi Anda.

Biasanya yang banyak digunakan ibu di luar sana yang baru saja memiliki bayi adalah infant car seat. Sesuai namanya, jenis car seat ini dirancang untuk dipakai oleh bayi sampai usianya menginjak 2 tahun. Ada juga jenis-jenis car seat lainnya yang diperuntukkan untuk usia di atas 2 tahun, seperti convertible car seat, booster car seat dan all in one car seat.

Perhatikan harganya

Ketika membeli car seat, riset lah terlebih dahulu harga car seat yang ada di pasaran. Selanjutnya sesuaikanlah harganya dengan budget yang Anda miliki. Ada berbagai car seat dengan harga beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal sekalipun. Pilihannya ada di tangan Anda. Yang terpenting adalah kualitasnya harus bagus agar bayi Anda nyaman memakainya.

Sesuaikan dengan ukuran kursi

Sebelum membeli car seat, pastikan car seat tersebut sesuai dengan ukuran dan bentuk kursi mobil Anda. Ada car seat yang diperuntukkan untuk mobil besar dan ada juga car seat yang lebih cocok digunakan pada mobil yang lebih kecil. Oleh karena itu, jangan sampai Anda salah pilih.

Perhatikan pemasangannya

Pilih car seat yang mudah dipasang. Contohnya ada beberapa car seat yang dapat dipasang hanya dengan sabuk pengaman atau sistem kait biasa. Cara ini merupakan yang paling untuk dilakukan dan tidak akan menyulitkan Anda ketika memasangnya nanti.

Perhatikan fitur pendukung

Dari car seat yang murah hingga yang termahal sekalipun menawarkan trik khusus agar produknya dibeli oleh calon pembeli. Namun yang harus Anda perhatikan adalah fitur pendukung yang dimilikinya. Setiap car seat tentunya didesain berbeda-beda, jadi pintar-pintarlah untuk mencari tahu keunggulan masing-masing produk sampai Anda benar-benar yakin untuk membelinya.

Usahakan membeli car seat yang baru

Jangan pernah membeli car seat bekas walaupun harganya sangat murah. Anda tidak akan pernah bagaimana sejarah pemakaiannya. Lebih baik memilih membeli car seat yang baru dengan harga terjangkau dan sudah pasti awet dipakai. Jangan membuang uang Anda hanya untuk produk murah namun tidak awet dipakai.

Cara memilih car seat yang tepat

Ketika sudah membeli car seat, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara pemasangannya. Agar yang Anda lakukan tepat dan tidak salah, maka Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Gunakan jangkar yang lebih rendah atau sabuk pengaman. Beberapa orang tua yakin bahwa menggunakan kedua metode ini akan membuat anak mereka aman.
  • Mulai dengan posisi di belakang. Tempat teraman untuk menyimpan car seat adalah di kursi belakang, akan tetapi banyak kendaraan roda empat yang hanya memiliki koneksi yang cocok di jok belakang. Jadi sesuaikan saja dengan kondisi mobil Anda.
  • Namun, jika Anda tidak bisa mengepungnya kuat-kuat di kursi belakang, pindahkanlah ke samping. Ukuran yang baik di samping lebih baik daripada ukuran yang buruk di tengah. Hal ini berarti kursi harus bergerak kurang dari satu inci dari depan ke belakang.
  • Kuncilah sabuk pengaman ke posisinya. Jika Anda menggunakan sabuk pengaman dan bukan jangkar yang lebih rendah, pastikan Anda menarik sabuk pengaman sejauh mungkin untuk mengubahnya menjadi mode mengunci. Dengan cara ini sabuk akan tetap terkunci ketika Anda memasang kursinya.
  • Perhatikan posisi anak Anda ketika membaringkannya di car seat. Tali pengikat yang mengikat anak Anda harus ketat dan klip dada hendaknya ada di tingkat ketiak anak itu untuk menjaga tali agar tidak bergeser dari bahu.

10 Car seat terbaik untuk bayi agar nyaman di perjalanan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang car seat serta cara memasangnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi car seat terbaik dari berbagai merek berikut ini:

10. Joie Tilt Black

joie_tilt_black-1

Harga : Rp 1.800.000

Bisa diatur sampai 4 posisi

Car seat dari Joie Tilt Black diperuntukkan untuk bayi mulai dari usia 0-4 tahun. Car seat ini bisa menampung berat maksimal hingga 20 kilogram. Keunggulan yang dimiliki oleh car seat ini adalah posisi duduknya dapat diatur hingga 4 posisi sekaligus. Pastinya fitur yang satu ini akan sangat memudahkan Anda ketika menempatkannya di kursi mobil.

Adapun fitur lainnya yang dimiliki oleh car seat ini adalah mempunyai 5 titik safety harness yang dilengkapi dengan penjepit di bagian bahunya. Tidak usah khawatir soal kenyamanan, car seat ini memiliki kursi yang lebar dan empat yang juga turut dilengkapi dengan bantalan yang bisa dilepas sebagaimana yang kerap dibutuhkan oleh bayi yang baru saja lahir.

Selain itu, kain yang digunakan terbuat dari material berkualitas dan mudah dicuci. Dan, yang terpenting adalah car seat ini dapat digunakan di hampir semua tipe mobil. Anda bisa membeli car seat ini di Lazada.

9. Care Baby Artioo

care_baby_artioo

Harga : Rp 470.000

Nyaman digunakan dan dilengkapi dengan kanopi yang mudah dibuka dan ditutup

Car seat yang satu ini diperuntukkan untuk newborn alias bayi baru lahir yang berusia mulai dari 0-15 bulan. Car seat Care Baby Artioo bisa menampung bayi dengan berat maksimal hingga 13 kilogram. Sedangkan berat car seat nya sendiri sebesar 5 kilogram.

Car seat ini sangat nyaman digunakan untuk si kecil, sebab terdapat kanopi yang dapat dibuka dan ditutup sekaligus. Selain itu, paddling samping juga sengaja didesain senyaman mungkin untuk si kecil serta terdapat pula 3 titik harness yang berfungsi sebagai pendukung keamanan yang maksimal bagi bayi Anda. Anda bisa membeli car seat ini di Lazada.

8. Nuna Pipa + Base Baby Carrier

nuna_pipa_base_baby_carrier

Harga : Rp 1.375.000

Dilengkapi dengan kain kanopi extra lebar

Nuna Pipa + Base baby carrier merupakan car seat yang dilengkapi dengan kain kanopi extra lebar yang dapat membantu bayi Anda mendapatkan perlindungan yang extra. Fitur yang dimiliki oleh car seat ini diantaranya 5 point safety harness yang mana bisa dipasangkan langsung dengan kereta dorongnya.

Car seat ini memiliki bahan yang halus dan lembut yang akan membuat bayi Anda nyaman ketika beristirahat. Bar pegangan pada car seat ini berbahan dasar alumunium yang dirancang agar mudah dibawa oleh Anda sebagai orang tua.

Selain itu, Anda juga dapat mengawasinya melalui kap jendela yang terdapat di bagian belakang. Selain itu, sistem keamanannya juga dilengkapi indikator dengan kode warna tertentu agar memberikan ketenangan bagi orang tua. Anda bisa membeli car seat ini di Shopee.

7. Graco Contender

graco_contender_

Harga : Rp 1.050.000

Memberikan kenyamanan dan perlindungan maksimal

Car seat Graco Contender 65 merupakan car seat dengan berat 7 kilogram yang mudah dipasangkan pada kursi mobil Anda. Car seat ini akan sangat nyaman dipakai oleh bayi Anda sebab kuncinya dirancang secara khusus agar membuat bayi tenang selama menempatinya. Car seat nya diperuntukkan untuk bayi berusia 0-3 tahun yang bisa menampung berat maksimum hingga 25 kilogram.

Adapun fitur pendukung yang dimiliki oleh car seat ini meliputi 2 posisi recline, 5 titik pengaman, 8 posisi tambahan kepala untuk anak diatas 2 tahun hingga perlindungan sisi samping yang dapat melindungi kepala , leher dan tulang belakang bayi Anda. Busanya juga lembut, sehingga anak Anda tidak akan kesakitan ketika menempatinya. Anda bisa membeli car seat ini di Shopee.

6. Cocolatte Next Phases 9261

cocolatte_next_phases_9261

Harga : Rp 2.100.000

Dilengkapi dengan colokan USB

Cocolatte Next Phases 9261 merupakan car seat yang bisa menampung berat badan bayi hingga berat 36 kilogram. Kapasitasnya cukup besar jika dibandingkan dengan car seat yang lainnya. Sandaran yang terdapat pada car seat ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap bayi. Bantalannya juga empuk dan mudah dilepas, sehingga tidak akan menyulitkan Anda.

Fitur pendukung yang dimiliki oleh car seat ini adalah ia memiliki colokan USB. Selain itu, fitur lain yang dimiliki meliputi bantalan bahu oun dilengkapi dengan fitur anti slip, sabuk pengaman bisa disesuaikan panjang dan pendeknya, bantalan kepala yang bisa diatur ketinggiannya, hingga double side protection yang bisa berfungsi sebagai pengaman ganda. Anda bisa membeli car seat ini di Shopee.

5. Mothercare Britax Romer First Class Plus Combination

mothercare_britax_romer_first_class_plus_combination

Harga : Rp 5.299.000

Memiliki 5 fitur keselamatan

Mothercare Britax Romer First Class Plus Combination merupakan car seat yang bisa dipakai oleh bayi dengan berat badan maksimal hingga 18 kilogram. Adanya sistem kontrol depan yang unik dapat membantu menjaga bayi Anda agar tetap aman dan nyaman. Fitur keamanannya pun hingga 5 titik sehingga pas digunakan oleh bayi yang baru saja lahir.

Car seat yang satu ini juga dilengkapi dengan bantalan kepala tambahan yang dapat berfungsi sebagai pelindung. Selain itu, car seat dari Britax ini juga hadir dengan gaya yang elegan dan tidak ketinggalan zaman.

Car seat ini juga dilengkapi dengan klik dan sistem pengaman yang dapat membantu Anda menyesuaikan tali untuk perlengkapan yang terbaik dan paling nyaman. Dan, fitur penting lainnya adalah turut dilengkapi dengan jok yang dapat mengurangi pergerakan jika terjadi kecelakaan secara tiba-tiba. Anda bisa membeli car seat ini di Lazada.

4. DOONA Infant

doona_infant

Harga : Rp 5.076.450

Dapat diubah menjadi kereta dorong

DOONA Infant merupakan car seat pertama yang dapat diubah menjadi kereta dorong. Caranya adalah hanya dengan mengklik tombol yang terdapat di car seat tersebut. Seringkali, ketika Anda bepergian dengan bayi, Anda juga akhirnya harus menggendong ketika sudah tidak berada di dalam mobil, akan tetapi ketika memiliki car seat ini Anda bisa mendapatkan fungsi lain yakni sebagai kereta dorong.

Car seat yang satu ini juga dilengkapi dengan desain yang ramping, karena itu ia tidak memiliki ruang kargo tambahan untuk popok atau kantong belanja. Jadi, Anda bisa menyiapkan terpisah jika memang berencana membawa banyak barang. Anda bisa membeli car seat ini di Shopee.

3. Maxi Cosi Cabrio

maxi_cosi_cabrio

Harga : Rp 4.670.000

Memiliki fitur anti-rebound bar

Maxi Cosi Cabrio merupakan kursi mobil bagi bayi yang hadir dengan material yang ringan serta desain yang modis. Car seat ini bisa dicuci dengan mudah, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan cara perawatan dan pencuciannya. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan kain yang dipakai bisa mengering dengan cepat ketika dibersihkan.

Adapun fitur lainnya yang dimiliki oleh car seat ini adalah dilengkapi dengan anti-rebound bar dan perlindungan samping. Anti-rebound bar sendiri akan berfungsi untuk menambahkan beberapa panjang ke dasar kursi, yang mana dapat membuatnya menjadi ketat dalam mobil kecil. Anda bisa membeli car seat ini di Lazada.

2. Graco 4ever 4-in-1 Ion Fashion

graco_4ever_4_in_1_ion_fashion

Harga : Rp 2.720.000

Bisa digunakan hingga anak 10 tahun

Graco 4ever 4-in-1 Ion Fashion merupakan car seat yang dapat digunakan tidak hanya oleh bayi baru lahir saja, tapi hingga anak berusia 10 tahun dengan berat maksimal 54 kilogram. Car seat ini dilengkapi dengan beberapa fitur, sebut saja 6 posisi berbaring, 5 titik safety harness dengan penjepit di bagian bahu, 10 posisi tambahan kepala yang berfungsi untuk anak diatas 2 tahun, dan lain sebagainya.

Kain yang digunakan pada car seat ini juga dapat dilepas dan dicuci dengan mudah.Lalu, fitur perlindungan sisi sampingnya pun dapat melindungi kepala, leher dan tulang belakang bayi Anda. Dengan kursi lebar dan empuk, bayi Anda akan merasa nyaman ketika menggunakannya. Car seat ini bisa digunakan di hampir semua jenis mobil dan kursinya. Baik mobil kecil hingga yang besar sekalipun. Anda bisa membeli car seat ini di Shopee.

1. Graco Extend2Fit

graco_extend2fit

Harga : Rp 2.310.000

Tidak membuat tulang belakang sakit

Graco Extend2Fit merupakan car seat yang baik digunakan untuk pertumbuhan bayi Anda. Kursi mobil ini menyediakan sistem pengaman yang pas. Jadi akan melindungi anak Anda jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Fitur-fitur keamanannya sendiri dirancang dengan cukup aman menyesuaikan sistem berstandar Amerika.

Car seat ini dapat digunakan oleh bayi Anda sampai ia berusia 3 tahun, tentunya dengan berat maksimal 25 kilogram. Adapun fitur lain yang terdapat di car seat ini di antaranya 6 posisi berbaring, 5 titik safety harness dengan penjepit di bagian bahu, 10 posisi tambahan kepala, kain yang dapat dilepas pasang dan dicuci, dan lain-lain.

Car seat ini bisa digunakan di semua jenis kursi mobil, sebab sudah dilengkapi dengan 3 posisi tambahan ekstensi panel untuk ruang kaki. Anda bisa membeli car seat ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli car seat, perhatikan jenis bahan yang digunakan, merek, harga, dan fitur-fitur tambahan yang mendukung kenyamanan serta keselamatan bayi Anda.
  • Selain itu, perhatikan cara pemasangannya, agar bayi Anda merasa lebih nyaman dan tidak rewel saat di perjalanan.
  • Anda bisa memilih Cocolatte Next Phases 9261, karena dilengkapi dengan sandaran yang bisa dan fitur pendukung yaitu colokan USB.
  • Namun, jika Anda ingin membeli car seat yang posisi duduknya dapat diatur hingga 4 posisi sekaligus, maka Anda bisa memilih car seat dari Joie Tilt Black.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin car seatter baik dengan berbagai macam keunggulan, Anda bisa memilih DOONA Infant.

Referensi

  1. Baby List (2020), Best Infant Car Seats of 2020,https://www.babylist.com/hello-baby/best-car-seats
  2. Little One Mag (2020), The 10 Best Infant Car Seatsto Buy 2020,https://littleonemag.com/best-infant-car-seats/

Leave a Reply