Arti yang Indah di Balik Nama Para News Anchor yang Luar Biasa

Bukan sekadar sebagai pembaca berita, news anchor menjadi profesi yang paling diminati dan menjadi tujuan banyak orang dalam dunia broadcast. Banyak langkah yang harus dilewati untuk dapat menjadi news anchor, seperti turun ke lapangan untuk mencari berita, mengenal banyak narasumber, mengetahui cara memproduksi berita, hingga menulis naskah. Pengetahuan yang luas, daya analisis, dan sikap kritis juga menjadi modal yang amat penting bagi seorang news anchor.

Tak hanya laki-laki, sudah sangat banyak perempuan yang berhasil menjadi news anchor berpengalaman yang sering menghiasi layar kacamu. Kira-kira siapa saja dan apa yaa arti nama mereka? Yuk simak informasinya!

1. Ira Koesno

Dikenal dengan nama Ira Koesno, nama aslinya adalah Dwi Noviratri Martoatmodjo. Selain pernah mendapatkan penghargaan Panasonic Gobel Awards sebagai Pembawa Berita Wanita Terfavorit pada tahun 1998, ia juga pernah ditunjuk sebagai moderator pada debat pertama putaran ke-1 dan ke-2 Pemilihan Umum Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017, serta debat pertama Capres-Cawapres Tahun 2019.

Nama lengkap Ira Koesno ternyata merupakan perpaduan antara Bahasa Sansekerta dan Jawa. Dwi dalam Bahasa Sansekerta artinya dua. Noviratri dalam Bahasa Jawa artinya yang lahir pada Bulan November di malam hari, sedangkan Martoatmodjo diambil dari nama sang ayah.

2. Dian Mirza

News Anchor kelahiran Makassar ini pun pernah mendapatkan penghargaan Panasonic Gobel Award untuk Presenter Berita Terfavorit Tahun 2017. Menjadi anchor dalam program berita Sekilas Info, Seputar Indonesia Pagi, Seputar Indonesia Siang, Seputar Indonesia Sore, dan juga Delik. Dian dalam berbagai bahasa berarti pelita, dan Mirza adalah anak yang baik.

3. Rosiana Silalahi

Bernama lengkap Rosianna Magdalena Silalahi, ia merupakan mantan Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV.  Pernah juga mendapatkan penghargaan Pembawa Acara Talk Show Terfavorit Panasonic Award 2004, Pembawa Acara Berita/Current Affair Terfavorit Panasonic Award 2004, Pembawa Acara Berita/Current Affair Terfavorit Panasonic Award 2005, wanita yang lebih akrab disapa Rosi ini sekarang menjadi Pemimpin Redaksi dari news channel Kompas TV. Dalam Bahasa Kristiani, Rosiana berarti anggun dan Magdalena berarti puncak menara yang tinggi. Adapun Silalahi adalah Marga Batak yang disandangnya.

4. Najwa Shihab

Siapa yang tak kenal dengan Najwa Shihab? Memiliki berbagai penghargaan, termasuk dinobatkan menjadi Duta Baca Indonesia dan Duta Pustaka Bergerak 2016-2020, Najwa telah memiliki segudang pengalaman, yang paling berkesan tentu saja pengalamannya yang telah mewawancarai berbagai tokoh serta sebagai pemandu acara gelar wicara Mata Najwa yang menghadirkan berbagai narasumber.
Prestasi itu mungkin saja adalah pencapaian doa yang terselip dalam namanya. Najwa dalam Bahasa Arab artinya percakapan rahasia., sedangkan Shihab adalah marga keturunan Arab.

5. Tina Talisa

Wanita cantik ini menjadi Putri Indonesia 2003 dan memulai karirnya di bidang broadcaster sebagai newscaster di Radio Paramuda dan Radio Mustika. Pernah berprofesi sebagai dokter gigi, Tina Talisa memenangkan Panasonic Gobel Awards untuk kategori Presenter Talkshow Berita & Informasi Terfavorit pada tahun 2012. Dalam berbagai bahasa, Tina memiliki arti perilaku baik, penghibur, serta taat dan setia. Adapun Talisa dalam Bahasa Afrika berarti hutan.

6. Astri Megatari

Nama Astri Megatari pasti sudah sangat familiar di telingamu yang suka mengikuti program berita Seputar Indonesia yang tayang di RCTI. Kini Astri Megatari bekerja sebagai Tenaga Humas Pemerintah Kementerian Dalam Negeri. Nama Astri memiliki arti putri bintang, sedangkan Megatari berarti anak yang bercita-cita setinggi awan. Wah kalau begini sih sepertinya ia sudah berhasil menggapai citanya dan menjadi bintang betulan ya!

7. Senandung Nacita

Putri dari Deddy Mizwar ini menjadi anchor pada program berita di Lensa Indonesia Siang dan Lensa Indonesia Sore di RTV. Tak hanya berperan sebagai news anchor dan pembawa berita, Senandung Nacita juga merupakan produser di rumah produksi Demi Gisela Citra Sinema yang didirikan oleh sang ayah pada tahun 1997.

Senandung berarti nyayian atau alunan lagu, sedangkan Nacita dalam bahasa Spanyol, artinya yang jaya. Sehingga makna dari nama Senandung Nacita adalah alunan kejayaan.

8. Nova Rini

Perempuan cantik kelahiran Surabaya ini menjadi news anchor pada program Liputan 6 yang tayang di SCTV. Lama menekuni profesi news anchor, kini Nova Rini terjun ke bidang politik dan bergabung dengan salah satu partai. Nama Nova Rini diambil dari Bahasa Indonesia yang artinya kuat, adil, dan cemerlang. Adapun Rini memiliki arti penakluk.

Nah, apakah news anchor favoritmu masuk dalam daftar di atas? Tentunya selain namanya, prestasinya juga bisa menjadi inspirasimu yaa..

Leave a Reply