10 Gendongan Berbahan Kaos yang Nyaman untuk Bunda dan Bayi

Salah satu aktivitas yang disukai bayi adalah digendong. Dengan digendong bayi akan merasa nyaman dan lebih leluasa melihat sekitar. Bahkan ketika bayi rewel, hanya dengan digendong tangisannya pun bisa reda.

Dewasa ini popularitas gendongan bayi kian meningkat dengan beragam pilihan yang menarik dan unik. Namun ketika akan membelinya, pastikan Anda mengetahui beberapa hal penting, seperti kualitas bahan, model, harga, serta mereknya.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa gendongan berbahan kaos yang nyaman dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai gendongan kaos dan cara perawatannya.

Perhatikan tipe dan jenis gendongan yang akan Anda beli

Jenis atau tipe gendongan bayi yang tersedia dipasaran saat ini, diantaranya kain gendongan, gendongan selempang, gendongan depan dan gendongan belakang. Jenis kain gendongan sudah sangat terkenal di Indonesia.

Gendongan tradisional yang satu ini memang sudah digunakan dari masa ke masa. Pada zaman dahulu yang digunakan sebagai kain gendongan adalah selendang. Selendang merupakan pakaian tradisional Indonesia yang berbentuk kain panjang. Umumnya bermotif batik. Hampir setiap daerah mempunyai selendang tersendiri dengan ciri khas masing-masing.

Seiring berjalannya waktu, kain gendongan mulai diproduksi dan dijual dipasaran. Kain gendongan ini sudah lama menjadi favorit para orang tua yang memiliki bayi untuk menggendong si kecil.

Walaupun kainnya tergolong tipis, namun cukup kuat untuk digunakan. Pun cara pemakaiannya mudah. Kain cukup dililitkan ke tubuh, lalu atur posisi dan kencangkan kain gendongan senyaman mungkin. Kain gendongan bisa digunakan untuk bayi yang usia 0-2 bulan.

Sedangkan gendongan selempang adalah jenis gendongan yang paling mirip dengan gendongan kain. Gendongan selempang dapat digunakan untuk menggendong bayi yang baru lahir hingga berusia sekitar dua tahun. Ketika digendong dengan gendongan ini bayi akan merasa seperti sedang dipeluk. Akan tetapi, jenis gendongan ini tidak nyaman untuk Bunda dan bayi karena beban bertumpu hanya di satu bahu saja.

Berbeda dengan Gendongan Depan atau front carrier, yakni gendongan yang akan membuat Anda bisa menggendong bayi dalam posisi duduk dengan dua arah. Menghadap ke depan atau ke belakang berhadapan dengan yang menggendongnya. Gendongan tipe front carier dapat mengurangi lelah saat jalan-jalan.

Ciri khas dari gendongan tersebut adalah kemampuan menahan beban sekaligus dalam beberapa posisi menggendong. Gendongan jenis ini memiliki tali yang bisa diikatkan di pinggang dan bahu. Oleh karena itu, berat bayi akan terbagi ke pinggang dan bahu sehingga tidak menyebabkan lelah pada bahu dan nyeri pada pinggang Anda.

Yang terakhir adalah Gendongan Belakang. Gendongan belakang adalah gendongan yang penggunaannya seperti tas ransel. Bentuknya seperti tas pinggang dan dan bagian atasnya dirancang untuk digunakan sebagai dudukan untuk si kecil. D

enggan memakai gendongan belakang, bayi dapat bergerak lebih leluasa. Akan tetapi, gendongan tipe ini dianjurkan untuk bayi yang sudah cukup besar atau mampu duduk sendiri, minimal bayi yang sudah berusia 1 tahun.

Pilih jenis bahan yang breathable

Point yang paling penting saat memilih gendongan bayi adalah si kecil bisa merasa aman dan nyaman saat digendong. Dengan memastikan si kecil aman dan nyaman dalam gendongan dapat membuat aktivitas Bunda menjadi lebih mudah dijalankan. Bisa dibayangkan apabila bayi merasa tidak nyaman, maka Bunda akan menjadi semakin repot.

Pilih gendongan dengan bahan breathable. Apabila permukaan gendongan yang menutupi tubuh bayi semakin banyak, maka suhu panas akan terkukung sehingga menyebabkan bayi merasa gerah. Apalagi jika bayi mudah berkeringat. Oleh sebab itu, pilih gendongan dengan bahan adem dan dapat menyerap keringat, serta berstruktur lembut.

Pilih gendongan yang memberikan kemudahan sekaligus kenyamanan

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak beredar di pasaran gendongan bayi dengan desain yang lebih inovatif. Dimana desain baru ini berusaha menjangkau segala usia dan berat, mulai dari bayi baru lahir hingga usia batita. Pun, hadir dengan posisi menggendong yang variasinya bisa diganti-ganti sesuai keinginan.

Umumnya, gendongan dapat menopang tubuh bayi dengan baik, namun belum tentu buat Anda. Ketika berat badan bayi semakin bertambah, biasanya Anda akan mulai merasa pegal pada bagian bahu, leher, serta punggung. Karena itu, perlu selektif sebelum membeli gendongan.

Sebaiknya Anda mencari gendongan yang terbuat dari material super lembut dan pilih gendongan yang punya selempang lebar dengan bantalan serta tali pinggang. Tali pinggang berfungsi sebagai penyokong berat bayi, sehingga bahu Bunda tidak menerima beban terlalu banyak.

Pilih gendongan yang mudah dibersihkan

Pada umumnya bayi seringkali mengeluarkan air liur, gumoh, bahkan ompol. Oleh karena itu gendongan bayi akan lebih cepat kotor atau bahkan terkena noda dari si kecil. Ada baiknya pilih gendongan yang mudah dibersihkan.

Jika Anda terbiasa mencuci dengan mesin cuci, pilih gendongan yang bisa dibersihkan menggunakan mesin cuci. Serta pilih gendongan yang bagian-bagiannya dapat dibongkar pasang untuk menjaga gendongan agar tetap bersih.

Cara merawat gendongan berbahan kaos

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang gendongan bayi berbahan kaos, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya. Berikut ini merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat gendongan bayi agar lebih awet dan tahan lama :

  • Pastikan Anda memilih gendongan kaos dengan bahan yang berkualitas baik sehingga kain tidak mudah melar.
  • Jika Anda ingin mencuci gendongan, sebaiknya gunakan sabun pencuci yang tidak mengandung pewangi atau pelembut pakaian. Selain lebih aman untuk bayi, juga agar menjaga kekuatan bahan gendongan serta warna atau motif agar tidak cepat pudar.
  • Cuci dengan tangan seperti biasa, jika ada noda yang menempel bisa dibersihkan lebih ekstra pada bagian yang bernoda. Hindari membersihkan noda dengan sikat pakaian, cukup oleskan sabun pencuci pada bagian noda atau jika noda membandel, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang lembut.
  • Setelah di cuci, jemur gendongan kaos di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung guna menjaga kekuatan kain serta menjaga motif atau warna agar tetap awet.
  • Jika gendongan tidak digunakan dalam waktu cukup lama, simpan gendongan dengan cara digantung menggunakan gantungan baju.

10 Gendongan berbahan kaos yang nyaman untuk Bunda dan bayi

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang gendongan berbahan kaos untuk bayi lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi gendongan berbahan kaos yang nyaman untuk Bunda dan bayi terbaik dari berbagai merk berikut ini:

10. Gendongan Kaos Motif Salur

gendongan_kaos_motif_salur

Harga : Rp 60.000

Memberikan kemudahan dalam mengganti posisi

Gendongan kaos motif salur ini sangat nyaman untuk si kecil karena terbuat dari bahan kaos street yang adem. Bahannya lentur, akan tetapi tidak mudah molor. Selain itu juga tersedia beragam pilihan motif yang bisa Anda pilih.

Bentuknya pun instan seperti kalung, jadi memudahkan Anda saat ingin menggunakannya. Tinggal slup saja tanpa ring atau lilit lagi. Karena panjang pendeknya tidak bisa diatur, jadi pastikan Anda memilih ukuran yang tepat. Hanya tersedia dua ukuran, yakni size M (untuk berat badan penggendog <50) dan L (untuk berat badan penggendog 50-60).Anda bisa membeli gendongan bayi ini di Shopee.

9. Gendongan Kaos Geos Instan 2in1 Baby Wrap

gendongan_kaos_geos_instan_2_in_1_baby_wrap

Harga : Rp 96.000

Satu gendongan dengan dua model

Menggendong bayi terlalu lama dapat mengakibatkan nyeri pada bagian tulang belakang. Mungkin beberapa orang pernah mengalami hal itu. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena Gendongan tipe 2in1 Instan Baby Wrap didesain khusus untuk kenyamanan Bunda dan bayi.

Selain itu gendongan ini dapat mendukung pertumbuhan tulang pada bayi. Gendongan tipe ini membuat bayi merasa nyaman dalam dekapan Anda. Dengan satu Geos Anda bisa menggendong bayi dengan dua model, yaitu model depan atau silang dan model gendong samping. Dan, tersedia dalam berbagai variasi warna. Anda bisa membeli gendongan bayi ini di Shopee.

8. Gendongan Bayi Ring Sling Petitie Mimi

gendongan_bayi_ring_sling_petite_mimi

Harga : Rp 80.000

Dilengkapi ring untuk mengatur panjang pendek

Gendongan jenis sling ini sangat nyaman dipakai saat menyusui. Gendongan ini membuat Anda bisa menggendong sembari mendekap si kecil. Akan tetapi, gendongan jenis sling tidak memiliki bantal atau penopang seperti yang terdapat pada gendongan jenis carry.

Gendongan modern ini terbuat dari 100% bahan katun yang pastinya adem dan nyaman digunakan. Cocok untuk Bunda yang tidak terbiasa menggunakan gendongan kain. Dilengkapi dengan ring yang dapat digunakan untuk menyesuaikan panjang atau pendek gendongannya.Anda bisa membeli gendongan bayi ini di Shopee.

7. Gendongan Kaos Bians

gendongan_kaos_bians

Harga : Rp 55.000

Pionir dari gendongan kaos

Geos Bians terbuat dari bahan flace berkualitas, memiliki daya tahan lentur yang kuat. Selain itu bahannya juga menyerap keringat serta membuat bayi nyaman. Tersedia ukuran S hingga XL, dan warna-warna pilihan Geos Bians juga cukup banyak.

Dan, tersedia dalam berbagai pilihan warna, sehingga memudahkan Anda memilih sesuai dengan warna kesukaan. Anda bisa membeli gendongan bayi ini di Shopee.

6. Gendongan Kaos Bolak-balik

gendongan_kaos_bolak_balik

Harga : Rp 85.000

Satu gendongan dua warna bolak-balik

Gendongan paling simple, tanpa ring, dan anti sakit ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Bunda. Gendongan ini juga dikenal dengan Petite Mimi tanpa ring. Cara pemakaiannya pun mudah, tinggal dikalungkan ke bahu.

Gendongan ini memiliki warna yang berbeda pada kedua sisi, sehingga bisa dipakai bolak balik. Bahannya pun cukup tebal. Gendongan jenis ini juga dikenal dengan Gendongan bayi ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang mudah bosan dengan satu warna. Anda bisa membeli gendongan bayi ini di Shopee.

5. Cukin Instan

cukin_instan

Harga : Rp 115.000

Praktis tinggal dikalungkan ke bahu

Cukin instan ini sangat praktis digunakan. Sangat memudahkan bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas dirumah dan si kecil cenderung rewel. Dengan Cukin Instan ini, sekarang Anda bisa menggendong bayi kemana-mana dengan aman, nyaman, dan tentunya tanpa rasa pegal.

Disamping itu, si kecil juga akan merasa senang karena berasa di peluk setiap saat. Cukin instan ini di design sedemikian rupa dengan sangat memperhatikan kenyamanan bayi. Anda bisa membeli gendongan bayi ini di Shopee.

4. Gendongan Kaos Malikids

gendongan_kaos_malikids

Harga : Rp 90.000

Bisa dijadikan gendongan dan selimut bayi

Gendongan kaos Malikids terbuat dari bahan kaos premium yang berstrtuktur lembut untuk bayi. Sifatnya yang lebih tebal dan lebih fluffy menjadikan gendongan ini hangat untuk si kecil. Selain itu, gendongan seharga Rp 90 ribuan ini multifungsi, tidak hanya dapat digunakan untuk menggendong saja, namun juga bisa difungsikan menjadi selimut atau alas bayi.

Tersedia empat ukuran yang bisa dipilih dimana penentuan ukuran berdasarkan berat badan Bunda atau berat badan penggendong bayi. Gendongan kaos malikids ini dapat digunakan untuk menggendong bayi baru lahir hingga bayi yang memiliki berat 15 kg. Anda bisa membeli gendongan bayi ini di Shopee.

3. Gendongan Kaos Bayi Little Hippo

gendongan_kaos_bayi_little_hippo

Harga : Rp 90.000

Dilengkapi dengan kantong

Gendongan kaos ini terbuat dari bahan kaos yang pastinya awet dan jahitannya kuat. Alat gendong ini tersedia berbagai ukuran tubuh hingga XL. Ada dua variasi yang bisa Anda pilih, variasi tanpa kantong dan variasi kantong. Sebaiknya Anda pilih yang variasi kantong karena kantong pada gendongan bisa difungsikan sebagai tempat botol susu. Anda bisa membeli gendongan bayi ini di Lazada.

2. Gendongan Baba Sling Classic Baby Carrier

gendongan_baba_sling_classic_baby_carrier

Harga : Rp 150.000

Terdapat bantalan lembut agar bayi lebih nyaman

Gendongan ini merupakan gendongan bayi yang dirancang khusus untuk daerah beriklim panas. Terbuat dari bahan 100% cotton sehingga ringan dan nyaman digunakan. Tersedia empat varian warna. Gendongan ini sangat cocok digunakan sehari-hari.

Bisa digunakan untuk menggendong bayi dalam lima posisi dan dua posisi menyusui. Dilengkapi dengan bantalan lembut untuk bayi. Dapat dicuci dengan mesin cuci sehingga menghemat waktu Anda. Gendongan tipe ini cocok digunakan untuk bayi usia 0-2 tahun. Anda bisa membeli gendongan bayi ini di Shopee.

1. Gendongan Kaos Bobo

gendongan_kaos_bobo

Harga : Rp 36.000

Tidak perlu khawatir melorot

Gendongan kaos Bobo terbuat dari bahan kaos yang street-nya kesamping bukan kebawah, jadi Anda tidak perlu khawatir kalau gendongan akan melorot. Bahannya awet, anti melar dan aman untuk bayi baru lahir.

Tersedia empat ukuran mulai dari S hingga XL. Varian warna yang bisa dipilih juga cukup banyak. Alat bantu gendong ini harganya sangat terjangkau sehingga ramah di kantong. Anda bisa membeli gendongan bayi ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum Anda membeli gendongan, sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal penting, seperti jenis gendongan, kualitas bahan, harga, serta mereknya.
  • Selain itu, perhatikan cara merawatnya agar gendongan selalu terjaga kebersihannya, aman dan nyaman saat digunakan.
  • Anda bisa memilih gendongan bayi Baba Sling Classic Baby Carrier, karena memiliki bantalan yang lembut dan nyaman saat dikenakan.
  • Namun, jika Anda ingin membeli gendongan kaos yang multifungsi, maka Anda bisa memilih Geos 2in1 Baby Wrap.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin membeli gendongan praktis dan mudah digunakan serta bisa disesuaikan panjang pendeknya, Anda bisa memilih gendongan Ring Sling Petitie Mimi.

Referensi

  1. Marianti(2017), Sering Menggedong Bayi membuat Manja, Ternyata Mitos,https://www.alodokter.com/sering-menggendong-bayi-membuat-manja-ternyata-mitos
  2. Noya(2019), Bunda, Ini Tips Memilih Gendongan Sesuai Usia bayi, https://www.alodokter.com/bunda-ini-tips-memilih-gendongan-sesuai-usia-bayi

Leave a Reply