10 Rekomendasi Breast Pump Terbaik Bagi Ibu Menyusui

Breast pump sangat dibutuhkan oleh ibu baru melahirkan, sebab akan berfungsi untuk melancarkan ASI yang keluar. Biasanya banyak ibu melahirkan yang tidak bisa mengeluarkan ASI nya, karena itu lah breast pump dibutuhkan dan jadi produk yang laris.

Meskipun demikian, Bunda perlu memperhatikan beberapa hal ketika akan membeli breast pump,seperti material, keunggulan, harga, dan yang tidak kalah penting adalah, Bunda juga harus memperhatikan mereknya.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa rekomendasi breast pump terbaik dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai breast pump serta cara merawat dan menggunakannya.

Mengenal breast pump dan manfaatnya

Breast pump adalah alat mekanis yang dapat membantu Bunda untuk mengekstrak susu dari payudara. Alat ini bisa digerakkan dengan menggunakan tenaga dari tangan, kaki, atau pun secara otomatis dengan energi listrik.

Breast pump dapat digunakan untuk merangsang laktasi bagi wanita yang persediaan sufornya rendah. Selain itu, breast pump juga digunakan untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin dihadapi orangtua dalam hal menyusui, termasuk sulitnya mengerat, berpisah dari seorang bayi yang berada dalam perawatan intensif.

Pemompaannya mungkin juga bermanfaat untuk melanjutkan laktosa dan hormon yang mana berkaitan untuk membantu pemulihan dari kehamilan, sekalipun susu yang dipompa tidak digunakan.

Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan Bunda

Ada dua jenis breast pump yang bisa Bunda gunakan yakni manual dan otomatis. Kebanyakan dari para ibu banyak yang memilih otomatis, sedangkan yang lainnya lebih suka menggunakan breast pump manual.

Tidak ada yang salah memang, sebab ada banyak pro dan kontra untuk setiap metodenya. Hanya saja, Bunda hanya perlu menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan Bunda sendiri.

Perhatikan faktor kenyamanan

Sebenarnya hal ini merupakan faktor yang sulit untuk dinilai, karena kenyamanan dengan breast pump cenderung bagaimana setiap individu merasakannya. Setiap ibu memiliki pengalaman pemompa sendiri dan preferensi untuk pola pompa, kekuatan, durasi, dan aksesoris.

Perhatikan cara membersihkan

Semua breast pump, terlepas dari apakah itu manual atau otomatis memiliki banyak bagian yang perlu dibersihkan. Beberapa bagian itu seperti, pelindung payudara dan penghubung. Ada yang kecil, seperti katup dan membran karet kecil. Ada yang lebih mudah dibersihkan, seperti pelindung payudara, dan ada yang lebih sulit, seperti tabung vakum. Jadi pelajarilah dulu bagaimana caranya.

Cara menggunakan breast pump yang benar

Setelah Bunda membeli breast pump, maka yang perlu Bunda ketahui adalah cara menggunakannya. Berikut ini beberapa cara menggunakan breast pump dengan tepat dan benar :

  • Cuci tangan Bunda sebelum menggunakan breast pump, sebab tangan harus dalam keadaan bersih, higienis dan tidak kotor.
  • Pusatkan puting Bunda pada bagian berbentuk kerucut yang terdapat di dada, condongkan badan sedikit ke depan dan nyalakan pompa.
  • Pastikan bahwa puting Bunda berada di pusat poros. Jika off ke satu sisi itu bisa menarik dan terjepit di terowongan flange.
  • Sesuaikan kecepatan dan pengaturan penyedotan. Jika daya tahan atau kecepatannya terlalu tinggi.Hal itu bisa menimbulkan iritasi dan ketidaknyamanan.
  • Pompa selama 7 menit. Awalnya Bunda mungkin melihat bagaimana air susu keluar dan hal ini adalah normal. Sekitar 5 menit setelah memompa, air susu akan mulai mengalir.
  • Dibutuhkan sekitar 15 sampai 30 menit untuk membuat payudara kosong. Jangan pompa selama lebih dari 30 menit.
  • Jika Bunda mengalami kesulitan mendapatkan air susu Bunda untuk mengalir, cobalah menggunakan kompres hangat atau memijat payudara Bunda sebelum memompa. Bunda bisa memijatnya selama 1 menit. Hal ini akan memungkinkan payudara Bunda untuk beristirahat sejenak setelah dipompa.

10 Rekomendasi breast pump bagi ibu menyusui

Setelah Bunda mengetahui berbagai hal tentang breast pump serta cara menggunakannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi breast pump terbaik dari berbagai merek berikut ini:

10. Medela Pump in Style Advanced

medela_pump_in_style_advanced

Harga : Rp 5.000.000

Desain moderndan serbaguna

Medela Pump in Style Advanced merupakan pompa payudara otomatis berdesain modern dan termasuk salah satu breast pump yang paling serbaguna di pasar. Ketika Bunda memompa air susu menggunakan breast pump ini, air susu mampu dipompa dalam jumlah yang sama.

Pompanya sendiri disegel dengan benar-benar kuat dan bisa mengalirkan susu dengan pemompaan 2 fase yaitu mode selama 2 menit dan mode ekspresi. Penyedotannya yang kuat dan ritme pemompaan yang konsisten membuat breast pump ini menjadi produk yang cukup laris di pasaran.

Selain itu, breast pump yang satu ini juga mudah dibawa kemana-mana, karena sudah dilengkapi dengan baterai yang bisa diisi ulang, plus dilengkapi pula dengan pendingin untuk penyimpanan sampai Bunda mendapatkan kulkas atau freezer.

Fitur lain yang dimiliki oleh breast pump ini adalah tombol let-down yang merupakan fitur yang disukai oleh para ibu di luar sana, karena fleksibilitasnya. Bunda bisa membeli breast pump ini di Lazada.

9. Spectra S1

spectra_s1

Harga : Rp 3.030.000

Memiliki bentuk ramping dengan fitur terbaik yang memudahkan Bunda

Spectra S1 merupakan breast pump yang bentuknya lebih kecil dari pada breast pump lainnya. Pompa payudara otomatis ini memiliki desain yang bagus, ramping, dan pompa payudaranya juga merupakan kelas rumah sakit. Dalam artian, banyak digunakan di rumah sakit ternama untuk ibu yang baru melahirkan.

Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh breast pump ini. Sebut saja kekuatan penghisap, kecepatan pompanya, dan lain-lain. Untuk penyedotan penyedotan pompanya dikendalikan secara terpisah, sehingga Bunda dapat sepenuhnya menyesuaikan untuk membuat penyedotan persis seperti yang dilakukan bayi Bunda.

Selain itu,Bunda juga dapat melakukan pemompaan payudara tunggal atau ganda tanpa kehilangan daya, sebab pompa payudara ini memiliki lampu malam yang bagus dan timer yang bisa disesuaikan dengan keinginan Bunda. Untuk mendapatkannya, Bunda bisa membeli breast pump ini di Shopee.

8. Medela Symphony

medela_symphony

Harga : Rp 8.295.000

Memiliki kemampuan pompa yang andal

Medela Symphony merupakan pompa payudara listrik yang memiliki efektivitas dan keandalan pompa yang sebanding dengan harganya. Breast pump ini banyak dijadikan pilihan di kebanyakan rumah sakit dan bidan, jadi Bunda tidak perlu mengkhawatirkan lagi kemampuannya.Bunda juga dapat menggunakannya untuk digunakan pada dua payudara secara bersamaan. Bunda bisa membeli breast pump ini di Tokopedia.

7. Pigeon Breast Pump

pigeon_breast_pump

Harga : Rp 250.000

Ritme pemompaan meniru bayi menyusui

Breast pump dari Pigeon merupakan pompa payudara manual yang memiliki dua fase yakni stimulasi dan pumping. Terbuat dari material polypropylene yang aman bagi si mungil, dan memiliki ritme pemompaannya meniru bayi Bunda ketika sedang menyusui.

Selanjutnya, pegangan tuas-nya oun ergonomis dan tidak berisik. Jadi tidak akan menghasilkan suara yang bising ketika digunakan.

Ketika sedang memompa, Bunda cukup menggunakan satu tangan saja, sebab kekuatan hisapnya sendiri cukup besar yaitu sampai dengan 250 mmHg. Breast pump yang satu ini juga dilengkapi dengan dudukan botol yang berfungsi untuk mencegah tumpah. Selain itu, bobotnya juga sangat ringan sehingga sangat mudah untuk dibawa ke mana saja. Bunda bisa membeli breast pump ini di Shopee.

6. Freemie Breast pump

freemie_breast_pump

Harga : Rp 1.814.000

Andal dan inovatif

Freemie Breast Pump cocok digunakan untuk Bunda yang kerap melakukan pompa secara diam-diam karena malu, sebab Bunda bisa menggunakannya tanpa melepas bra atau kemeja yang tengah Bunda pakai.

Cara kerja pompa dari Freemie sendiri menggunakan cangkir inovatif yang berfungsi untuk mengumpulkan ASI sementara. Cawannya berbentuk seperti kubah, sehingga sangat sangat cocok diletakkan di atas puting dan dada Bunda, tanpa mencuat seperti perisai dan kipas biasa.

Ketika Bunda menggunakan breast pump ini, pompanya hanya dijalankan dengan kabel listrik, sementara untuk baterai tidak dapat dijalankan sebab tidak memiliki portabilitas seperti yang dimiliki kebanyakan pompa lainnya. Walau begitu, pompa yang dimiliki produk ini kuat dan dapat diandalkan, jadi jangan terlalu khawatir. Bunda bisa membeli breast pump ini di Lazada.

5. Philips AVENT Single Electric

philips_avent_single_electric

Harga : Rp 1.930.000

Breast pump populer di kelasnya

Philips AVENT Single Electric Breast pump merupakan pompa payudara elektrik yang memiliki fitur, ukuran, dan elektabilitas yang memadai. Breast pump ini memiliki tiga mode ekspresi yang berbeda mulai dari yang rendah, menengah, hingga yang tinggi sekalipun. Ketiganya dapat Bunda pilih ketika sekali let-down dimulai.

Breast pump untuk model ini juga memiliki desain yang unik yang mana dapat memungkinkan Bunda duduk tetap tegak tanpa mencondongkan badan ke depan untuk mendapatkan keselarasan botol dengan tepat.

Selain itu, breast pump terlaris dari Philips ini juga memiliki desain perisai dada yang unik, ia hadir dengan bagian berbentuk seperti bunga petal yang lembut dan nyaman di bagian dadanya. Jadi Bunda tidak perlu diragukan lagi tingkat kenyamanannya. Bunda bisa membeli breast pun ini di Lazada.

4. BelleMa Breast Pump

bellema_breast_pump

Harga : Rp 5.648.000

Memiliki 5 tingkat pemompaan

BelleMa Breast Pump merupakan produk breast pump pendatang baru yang boleh diperhitungkan keberadaannya. Produk ini hadir dengan no-frills pompa, yang mana mirip dengan breast pump yang ditawarkan oleh brand Spectra.

Pompa payudara ini dapat digunakan pada satu payudara ataupun keduanya secara bersamaan. Bisa dibilang, produk ini mempunyai fleksibilitas pompa yang memiliki tekanan daya dan kecepatan yang terpisah. Masing-masingnya dapat disesuaikan hingga 5 tingkat, mulai dari yang terendah hingga yang paling tinggi.

Alat pompa yang satu ini juga menggunakan pemompaan dua tahap, yang pertama dimulai dengan rangsangan dan kemudian dilanjutkan dengan ekspresi. Salah satu fitur yang dimiliki oleh pompa payudara ini adalah alatnya sangat cocok dengan bagian gaya kepala labu, yang mana bagus jika Bunda mencari pompa primer yang lebih komprehensif untuk disimpan di rumah. Bunda bisa membeli breast pump ini di Bukalapak.

3. Ameda Lactaline Double Electric

ameda_lactaline_double_electric

Harga : Rp 3.900.000

Memiliki silicon antibakteri dan mudah merawatnya

Ameda Lactaline Double Electric merupakan pompa payudara yang sangat mudah perawatannya. Selain itu, ASI yang dihasilkan pun lebih higienis. Fitur unggulan yang dimiliki oleh breast pump ini adalah silicon anti bakteri yang mana mampu berfungsi sebagai penghalang antara ASI dan udara pompa.

Selain itu, memiliki tombol pengaturan pada kekuatan hisap dan kecepatan hisap yang terpisah membuat pompa ini dapat disesuaikan kenyamanannya untuk tiap pengguna. Jadi Bunda bisa dengan leluasa menyesuaikannya dengan tingkat kenyamanan diri sendiri.

Breast pump ini menawarkan kombinasi besar mulai dari portabilitas, kekuasaan, ketenangan, kenyamanan, dan kecocokan. Walaupun pompa yang dimiliki sebenarnya kecil, akan tetapi tingkat kebisingan yang dihadirkan cenderung tidak berisik alias alatnya tidak menghasilkan suara mengganggu ketika sedang Bunda gunakan.

Bagi Bunda yang ingin memompa tanpa harus khawatir rekan Bunda terganggu, produk yang satu ini bisa jadi yang Bunda pilih. Bunda bisa membeli breast pump ini di Shopee.

2. Medela Harmony Manual

medela_harmony_manual

Harga : Rp 670.000

Pompa manual portable yang mudah dibawa kemana-mana

Medela Harmony Manual merupakan pompa payudara yang super portabel. Alat ini memiliki stimulasi dan ekspresi dua tahap. Yang pertama, Bunda bisa menggunakan ibu jari untuk memompa rangsangan dan sewaktu terjadi pemeriksaan, Bunda bisa mengganti pegangan yang panjang dengan menggunakan seluruh tangan Bunda.

Pompa payudara ini tidak memiliki kabel, charger, atau baterai, akan tetapi produk ini tetap bisa digunakan oleh Bunda yang memang lebih menyukai metode manual dibandingkan otomatis. Dari segi harga, terbilang terjangkau untuk pompa di kelasnya. Bunda bisa membeli breast pump ini di Lazada.

1. Spectra S9+ Double Pump

spectra_s9_double_pump

Harga : Rp 1.785.000

Memiliki dua kecepatan pompa

Breast pump dari seri lain Spectra ini memiliki dua kecepatan yaitu, yang lebih cepat atau disebut juga yang mampu merangsang let-down dan gaya ekspresi yang artinya lebih lambat dalam memompa.

Bunda bisa menggunakan kedua metode pompa ini sesuai dengan keinginan dan tingkat kenyamanan Bunda. Karena itu lah tingkat kekuatan penyedotannya dapat disesuaikan, sehingga Bunda dapat menyesuaikan dengan apa yang terbaik bagi situasi Bunda pada saat itu.

Spectra S9+ Double Pump memiliki layar yang kecil dan sederhana. Breast pump ini juga memiliki timer, yang mana nantinya akan memberitahu Bunda tentang tingkat penghisapan dan memberitahu Bunda berapa banyak sisa baterai yang dimiliki breast pump ketika sedang Bunda gunakan.

Berbicara tentang baterai, pompa payudara ini juga super portabel yang mana memiliki baterai yang tahan sampai 3-4 sesi pemompaan. Masing-masingnya bisa bertahan sekitar 30 menit.Bunda bisa membeli breast pump ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli breast pump, Bunda harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti kualitas, fitur, teknologi, harga, serta mereknya.
  • Selain itu, Bunda juga harus memperhatikan cara menggunakan breast pump, agar lebih nyaman dan aman saat dipakai.
  • Bunda bisa memilih Ameda Lactaline Double Electric, karena memiliki fitur silicon antibakteri yang mampu berfungsi sebagai penghalang antara ASI dan udara pompa.
  • Namun, jika Bunda ingin membeli breast pump yang bagus tapi dengan harga yang lebih terjangkau, Bunda bisa memilih Philips AVENT Single Electric.
  • Sedangkan, untuk Bunda yang ingin breast pump terbaik dengan berbagai macam keunggulan, Bunda bisa memilih Medela Pump in Style Advanced, karena memiliki pompa yang benar-benar kuat dan bisa mengalirkan susu dengan pemompaan 2 fase, yaitu mode selama 2 menit dan mode ekspresi.

Referensi

  1. Mommy Hood 101 (2020), Best Breast pump 2020, https://mommyhood101.com/best-breast-pumps/amp
  2. Very Well Family (2019), Using A Breast pump,https://www.verywellfamily.com/using-a-breast-pump-431744

Leave a Reply