10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik untuk Mengukur Suhu Tubuh

Termometer dikenal sebagai alat untuk mengukur suhu tubuh terlebih ketika seseorang sedang mengalami sakit, contohnya demam serta flu. Pada umumnya, termometer ini sering digunakan pada anak-anak, namun tidak jarang juga digunakan untuk mengetahui suhu orang dewasa.

Di zaman sekarang ini, sangat mudah untuk mendapati termometer karena dijual di apotik maupun secara online. Tapi untuk mendapatkan termometer terbaik, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal dan menyesuaikan dengan penggunaannya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa termometer digital terbaik untuk mengukur suhu tubuh lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai termometer serta cara perawatannya.

Mengenal jenis-jenis termometer digital yang populer digunakan di Indonesia

Secara garis besar, terdapat beberapa jenis termometer digital yang beredar di pasaran Indonesia yaitu jenis termistor dan jenis inframerah. Walaupun sama-sama digunakan untuk mengukur suhu tubuh, cara penggunaan kedua termometer ini berbeda.

Termometer berjenis termistor digunakan untuk mengukur suhu tubuh di ketiak, di leher, dan di bawah lidah. Cara penggunaannya sama dengan termometer merkuri yang harus diletakkan dalam beberapa waktu di leher, ketiak, atau bawah lidah hingga hasil pengukuran yang tepat muncul.

Sedangkan termometer inframerah digunakan untuk mengukur suhu tubuh melalui dahi dan telinga. Termometer ini mengukur suhu tubuh dengan cara mengukur radiasi inframerah yang dipancarkan oleh tubuh sehingga muncul nilai suhu tubuh.

Termometer jenis inframerah ini lebih higienis karena tidak perlu menyentuh kulit pasien atau orang sakit.Selain itu, pengukurannya lebih cepat hanya sekitar 2 sampai 3 detik.Sayangnya, pengukuran dengan termometer infra merah ini sering tidak tepat.

Pilih sesuai dengan tujuan penggunaan termometer

Sebelum membeli termometer, pastikan Anda menyesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Beberapa termometer dibuat untuk tujuan-tujuan tertentu. Jika tujuan penggunaan termometer untuk bayi atau anak kecil, pilihlah termometer dengan bahan yang lembut dengan waktu pengukuran yang cepat.

Namun, jika tujuan penggunaan termometer untuk banyak orang, pilihlah termometer inframerah yang lebih higienis. Hal ini dikarenakan tidak perlu adanya kontak fisik dan memungkinkan Anda mengukur suhu tubuh dengan cepat.

Pilih termometer yang dapat dicuci dengan air

Tidak dipungkiri lagi bahwa termometer yang bersentuhan langsung secara fisik lebih akurat. Dan sudah pasti Anda ingin agar termometer yang bersentuhan langsung dengan kulit selalu terjaga kehigienisannya.

Terlebih lagi, jika Anda menggunakannya untuk seluruh anggota keluarga. Atau ketika Anda ingin mengukur suhu tubuh pada mulut, Anda tentu saja akan memperhatikan aspek kebersihannya sebelum digunakan.

Jika seperti ini, akan lebih baik jika termometer tersebut dapat dicuci menggunakan air. Saat ini, sudah ada beberapa produk yang dilengkapi dengan fungsi tahan air sehingga Anda dapat mencucinya untuk menjaga agar termometer tetap higienis.

Pilih termometer dengan indikator baterai yang mudah dimengerti

Baterai menjadi daya agar termometer digital dapat digunakan. Ada beberapa termometer yang tidak memiliki indikator baterai sehingga membingungkan penggunanya. Biasanya orang akan mengecek baterai berdasarkan tulisan pada layar atau suara termometer.

Jika tulisan pada layar sudah mulai tipis dan suara termometer menjadi pelan, maka baterainya sudah hampir habis. Namun hal ini dianggap tidak efisien. Sudah ada beberapa produk yang menampilkan indikator baterai pada layarnya. Anda lebih baik memiliki termometer dengan indikator baterai pada layar.

Pilih termometer yang dilengkapi lampu pada layarnya

Selain layar yang besar tentu saja memudahkan Anda untuk melihat hasil yang ditampilkan, namun dengan adanya lampu pada layar akan membuat Anda lebih mudah lagi dalam membaca hasil pengukuran.

Terutama apabila pengukuran suhu dilakukan malam hari. Lebih baik untuk memilih termometer dengan lampu pada layar untuk memudahkan membaca hasil pengukuran, sehingga Anda tidak perlu repot menyalakan lampu.

Cara merawat termometer agar lebih awet dipakai dan tetap higienis

Agar termometer tetap terjaga kehigienisannya dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik dan benar. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat termometer Anda:

  • Rajin membersihkan termometer setelah digunakan. Bila termometer Anda tidak anti air, maka lap termometer menggunakan kain yang sudah dibasahi sedikit. Namun, jika termometer Anda anti air, Anda bisa mencelupkan bagian pengukur ke air dan mencucinya menggunakan sabun.
  • Keringkan menggunakan kain bersih dan kering setelah mencuci termometer, jangan biarkan termometer dalam keadaan basah karena air dapat teresap kedalam termometer dan hal ini akan membuatnya mudah rusak.
  • Gunakan kembali wadah termometer atau plastik sebelum menyimpannya untuk menghindari terkena air yang akan membuatnya konslet.
  • Simpan ditempat yang kering dan jauhkan dari tempat yang lembab atau basah .
  • Hindari termometer dari tekanan benda berat karena hal ini akan membuat termometer menjadi hancur dan rusak.

10 Rekomendasi termometer digital terbaik untuk mengukur suhu tubuh

Setelah Anda mengetahui beberapa hal mengenai termometer lengkap dengan cara memilih dan cara merawatnya, maka perkenankan kami untuk memberi rekomendasi termometer digital terbaik untuk mengukur suhu tubuh dari berbagai merek:

10. Omron Digital Thermometer MC-245

omron_digital_thermometer_mc_245

Harga : Rp 40.000

Termometer digital yang dilengkapi memori

Termometer ini berukuran seperti bolpoin. Hadir dilengkapi LCD yang akan menampilkan angka suhu tubuh yang diukur. Termometer ini merupakan jenis termometer termistor dan dapat diletakkan di mulut, ketiak, maupun leher.

Setiap termometer selesai melakukan pengukuran, akan ada bunyi ‘beep’ dan termometer akan menunjukkan hasil pengukuran. Terdapat memori yang dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan hasil setiap pengukuran.

Dengan ukurannya yang kecil, termometer ini praktis dan mudah dibawa kemana saja. Selain itu termometer ini aman digunakan karena terbuat dari bahan berkualitas. Anda dapat membeli termometer ini di Shopee.

9. OEM Thermometer Infrared Digital IT – 903

thermometer_infrared_digital_it_903

Harga : Rp 139.000

Mengukur suhu tubuh dengan akurat

OEM hadir dengan termometer yang dapat dipakai oleh banyak subjek atau satu keluarga. Selain orang dewasa, termometer ini dapat digunakan oleh anak-anak dan juga bayi. Termometer ini dapat melakukan pengukuran suhu dengan cepat dan akurat.

Pengaplikasiannya dapat dilakukan pada daerah telinga dan juga pada bagian dahi yang membaca suhu pada arteri temporal pada pelipis mata. Selain menampilkan pemberitahuan suhu dalam angka, termometer ini menampilkan suhu melakui warna.

Untuk membersihkan termometer ini cukup praktis, hanya perlu menggunakan lap atau kapas yang sudah dibasahi. Anda dapat membeli termometer OEM ini di Shopee.

8. Dotory Infrared Forehead Thermometer

dotory_infrared_forehead_thermometer

Harga : Rp 290.000

Termometer hemat daya dengan tombol power otomatis

Termometer dari Dotory ini merupakan termometer infrared yang dapat digunakan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Penggunaan nya cukup mudah karena hanya perlu mengarahkan termometer ke dahi saja dan kemudian nilai suhu hasil pengukuran akan muncul di layar dalam waktu 3 detik.

Desain termometer ini sederhana dan kecil sehingga mudah dibawa kemana saja. Selain itu, termometer ini sudah dibekali dengan baterai CR2032 yang dapat melakukan pembacaan hingga 6.000 kali.

Terdapat mode hemat daya pada termometer ini karena dibekali dengan power otomatis yang akan mati setelah 1 menit tidak digunakan. Anda dapat membeli termometer ini di Shopee.

7. Harmed Thermometer Infrared

harmed_thermometer_infrared

Harga : Rp 211.000

Mengukur suhu tubuh Anda dalam waktu 1 detik saja

Termometer infrared persembahan Harmed ini membuat durasi pengukuran suhu tubuh lebih singkat, hanya dalam 1 detik saja. Anda dapat mengarahkan sensor infrared di alat ke dahi ataupun gendang telinga. Harmed mendesain produk ini agar multifungsi, untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Selain itu, termometer ini dapat Anda gunakan untuk mengetahui suhu ruangan di rumah Anda. Bahkan, terdapat layar sebagai penunjuk waktu dengan tampilan jam digital.Harmed Thermometer Infrared juga dilengkapi fitur anti bakteri sehingga tidak perlu khawatir.

Untuk mengukur suhu, Anda hanya perlu menekan satu tombol yang ada di atas layar. Anda dapat membeli termometer ini di Shopee.

6. Microlife Digital Thermometer MT-200

microlife_digital_thermometer_mt_200

Harga : Rp 106.000

Termometer dengan desain elegan dan dilengkapi indikator baterai

Termometer dari Microlife ini didesain dengan elegan yang futuristik. Bagian tutup termometer ini berwarna bening yang memperlihatkan alat pengukur suhunya. Pada bagian alat pengukur suhunya dilapisi dengan emas, dengan tujuan untuk menghindari terjadinya reaksi alergi pada kulit yang sensitif.

Di layar termometer terdapat indikator baterai yang akan memberitahukan ketika baterai akan habis. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui daya baterai termometer tanpa harus mengira-ngira.

Penggunaan termometer ini mudah dan akurat, dapat digunakan di mulut, di ketiak, maupun di leher. Anda dapat membeli termometer ini di Shopee.

5. Omron Forehead Thermometer MC – 720

omron_forehead_thermometer_mc_720

Harga : Rp 558.000

Termometer yang hadir dengan mode silent

Termometer produk dari Omron ini dapat mengeluarkan bunyi ‘beep’ ketika hasil pengukuran suhu tubuh muncul, tetapi produk ini juga dapat tidak bersuara ketika anda mengaktifkan fitur mode silent nya.

Termometer ini juga dapat secara otomatis menampilkan hasil dari pengukuran suhu sebelumnya. Jadi Anda dapat membandingkan langsung hasil pengukuran yang baru dengan yang sebelumnya.

Tidak hanya itu, termometer ini dibekali dengan fitur yang dapat menyimpan hingga 25 hasil pengukuran, sehingga Anda dapat membandingkan hasil pengukuran dalam jumlah yang banyak. Anda dapat membeli termometer ini di Shopee.

4. Puremed PRM – 168 Infrared Thermometer

puremed_prm_168_infrared_thermometer

Harga : Rp 359.000

Termometer dengan fitur 4 in 1

Puremed hadir dengan termometernya yang menerapkan sistem pembacaan infrared dengan fitur power otomatis.Jadi, bukan lagi masalah ketika Anda lupa mematikan termometer sehabis mengecek suhu tubuh dengan termometer ini.

Termometer Puremed ini dibekali 4 fungsi sekaligus dalam 1 alat kecil, yaitu mengukur suhu pada tubuh, makanan, air kemasan, hingga suhu ruangan. Hanya dengan waktu 2 detik, alat ini dapat menampilkan hasil pengukuran yang akurat.

Untuk mempermudah pembacaan, terdapat 3 warna lampu sebagai indikator, yaitu hijau untuk rentan 32 – 37.33 derajat celcius, kuning untuk 37.44 – 38 derajat celcius, dan 38.1 – 42.9 derajat celcius. Sementara ketika suhunya di bawah 32 derajat celcius dan di atas 42.9 derajat celcius, maka layar akan menampilkan lampu warna hijau. Anda dapat membeli termometer ini di Shopee.

3. Beurer Thermometer Digital FT 65

beurer_thermometer_digital_ft_65

Harga : Rp 458.000

Termometer infrared multifungsi yang akurat

Termometer Beurer ini merupakan termometer infrared yang dapat mengukur suhu tubuh dengan cepat. Anda hanya perlu meletakkan termometer pada dahi atau telinga, hasil pengukuran suhu badan akan keluar secara instan hanya dalam 1 detik saja.

Fitur power otomatis juga melengkapi termometer ini, sehingga Anda tidak perlu repot mematikan termometer ketika sudah tidak lagi digunakan, tentunya lebih menghemat daya. Selain mengukur suhu tubuh, termometer dengan kualitas bagus ini bisa juga digunakan untuk mengukur benda dan cairan.

Dengan termometer infrared ini, Anda tidak perlu khawatir soal kehigienisan karena termometer ini tidak bersentuhan langsung dengan fisik. Anda dapat membeli termometer ini di Shopee.

2. Lotus Infrared Forehead Thermometer

lotus_infrared_forehead_thermometer

Harga : Rp 1.100.000

Termometer yang mampu menyimpan data hingga 32 kali pengukuran

Termometer dari Lotus ini berbentuk seperti scanner barcode yang ada di mini market. Termometer ini berjenis termometer infrared yang penggunaanya hanya perlu diarahkan ke dahi atau telinga saja untuk mengetahui nilai suhu tubuh. Hal ini membuat kehigienisannya terjamin.

Lotus membuat termometer yang mampu menyimpan data hingga 32 hasil pengukuran. Dengan fitur ini, mampu membuatnya berfungsi sebagai alat pengukur masa subur bagi wanita. Untuk mengukur masa subur wanita hanya perlu mengarahkan sensor ke mulut setiap habis bangun tidur.

Proses pengukuranya pun cepat, hanya dalam hitungan detik nilai suhu tubuh hasil pengukuran sudah muncul di layar termometer. Anda dapat membeli termometer ini di Shopee.

1. Xiaomi Mijia iHealth Thermometer – JXB – 310

xiaomi_mijia_ihealth_thermometer

Harga : Rp 517.000

Mampu mengukut suhu dengan nilai hingga 0,1 derajat celcius

Termometer infrared dari Xiaomi ini memiliki desain dan bentuk ergonomis sehingga nyaman ketika digenggam. Xiaomi mengklaim bahwa produknya ini dapat membaca suhu hingga 0,1 derajat celcius. Sangat akurat untuk termometer dengan jenis infrared tersebut.

Klaim tersebut benar dibuktikan oleh Xiaomi, namun dengan syarat penggunaannya pada jarak tidak lebih dari 3 cm. Selain itu, termometer Xiaomi Mijia ihealth dapat memberikan feedback berupa getaran sebagai pengingat ketika nilai suhu tubuh yang telah tampil pada layar LED-nya.

pemakaiannya pun sangatlah praktis, hanya dengan menekan satu tombol dan diarahkan ke dahi. Anda dapat membeli termometer ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli termometer, sebaiknya Anda mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, merek, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara merawatnya supaya tetap higienis dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama serta keakuratannya tetap terjaga.
  • Anda dapat memilih Puremed PRM – 168 Infrared Thermometer, karena termometer ini memiliki fitur 4 in 1 yang dapat mengukur suhu tubuh, makanan, cairan, dan suhu ruangan. Serta terdapat lampu indikator pada setiap suhu hasil pengukuran.
  • Sedangkan, jika Anda yang ingin memiliki termometer dengan pengukuran yang cepat dan akurat, maka Anda dapat memilih Xiaomi Mijia iHealth Thermometer.
  • Namun, untuk Anda yang menginginkan termometer dengan bentuk yang kecil dan mudah dibawa kemana saja, Anda dapat memilih termometer Micro Digital Thermometer MT-200. Selain itu, alat ukur suhu nya dilapisi dengan emas untuk menghindari reaksi alergi pada kulit sensitif.

Referensi

  1. Wiki Mary Jane (2020), 14 Best Infrared Thermometers | Technical Review of TOP 14 Infrared Thermometers by Expert | Complete Buyer’s Guide 2020, https://gadgets-reviews.com/review/778-best-infrared-thermometers.html
  2. Emily Long (2020), Best thermometers 2020: Here’s what to use to take your temperature at home, https://www.tomsguide.com/best-picks/best-thermometers

Leave a Reply