Arti Nama Jajaran Komisioner KPU RI

Bulan Desember merupakan masa Pilkada serentak yang dilakukan di 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Pilkada serentak ini dilaksanakan para tanggal 9 Desember lalu dengan menerapkan protokol kesehatan. Peraturan teknis pelaksanaan Pilkada serentak ini tentunya telah dibuat dengan berbagai pertimbangan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Berikut ini merupakan nama-nama komisioner KPU RI.

1. Arief Budiman – Ketua

Arief dalam Bahasa Indonesia artinya bijaksana, berkah Tuhan sedangkan Budiman dalam Bahasa Indonesia berarti yang berbudi, paling bijaksana.K

2. Hasyim Asy’ari

Nama Hasyim berasal dari Bahasa Arab yang artinya pemurah, pemecah sesuatu. Adapun Asyari dalam Bahasa Islami artinya perasaanku.

3. Evi Novida Ginting Manik

Evi dalam Bahasa Hungaria artinya hasrat dan Novida artinya yang lahir di Bulan November. Adapun Ginting Manik merupakan marga asal Batak

4. Ilham Saputra

Ilham dalam Bahasa Islami artinya isyarat yang baik, sedangkan Saputra dalam Bahasa Indonesia artinya perasaan pada keadilan. Nama Saputra juga memiliki arti dalam Bahasa Jawa, yaitu anak laki-laki.

5. Viryan

Seseorang yang bernama Viryan biasanya gemar membantu dan praktis. Ia mempunyai setia, mencintai, dan memiliki hati yang sangat ramah.

6. Pramono Ubaid Tanthowi

Pramono dalam Bahasa Jawa artinya terhormat dan cerdas, sedangkan Pramono berasal dari Bahasa Indonesia yang artinya merata. Adapun Ubaid dalam Bahasa Arab artinya orang-orang yang beriman. Ubaid pun memiliki arti dalam Bahasa Mesir, yaitu setia. Sedangkan seseorang yang bernama Tantowi biasanya mempunyai kepribadian ekspresif, mudah berbicara, bersosialisasi, seni dan menikmati hidup

7. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi

I Dewa Kedek dalam Bahasa Bali berarti anak kedua. Seorang yang bernama Wiarsa cenderung sangat karismatik. Karsa dalam berbagai bahasa artinya kehendak, kemauan, dan juga elang. Adapun Sandi dalam Bahasa Indonesia artinya pasir, sedangkan dalam Bahasa Melayu Indonesia artinya rahasia.

Leave a Reply