Menteri Baru Kabinet Jokowi, Siapa Saja?

Akhir tahun 2020 ditutup dengan pergantian enam menteri yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Siapa sajakah mereka

1. Tri Rismaharini

Wanita yang akrab disapa Ibu Risma ini diangkat sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang menjadi tersangka kasus korupsi. Tri dalam Bahasa Sansekerta adalah tiga, sedangkan Rismaharini berasal dari kata Risma dan Rini. Dalam Bahasa Indonesia, Risma berarti keluarga baik-baik, sedangkan Rini artinya Kecil dan ulet, penakluk, baik hati, dan cantik.

2. Sandiaga Salahuddin Uno

Mantan calon wakil presiden ini diangkat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio. Sandiaga (bentuk lain dari Sandi) dalam Bahasa Yunani artinya pembela, sedangkan Salahuddin dalam Bahasa Islami artinya penegak tiang agama. Adapun nama Uno diambil dari nama sang ayah.

3. Budi Gunadi Sadikin

Sebelum diangkat sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto, beliau merupakan Wakil Menteri BUMN. Dalam Bahasa Indonesia, Budi artinya memiliki budi yang luhur dan bijaksana, sedangkan Gunadi artinya seseorang yang berguna dan berganti. Adapun Sadikin berasal dari Bahasa Arab yang berarti jujur.

4. Yaqut Cholil Quomas

Pria yang lebih dikenal dengan nama Gus Yaqut ini diangkat sebagai Menteri Agama menggantikan posisi Fachrul Razi. Dalam Bahasa Arab, Yaqut berarti permata yakut. Cholil dalam berbagai bahasa artinya sahabat dan kesayangan. Adapun seseorang yang bernama Qoumas biasanya cocok menjadi penulis dan pembicara yang baik.

5. Wahyu Sakti Trenggono

Sebelum diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Edhy Prabowo yang terjerat kasus korupsi, beliau merupakan Wakil Menteri Pertahanan. Wahyu dalam berbagai bahasa artinya petunjuk. Sakti dalam Bahasa Indonesia artinya memiliki kekuatan yang besar, dan Trenggono diambil dari nama Raja Kerajaan Demak.

6. Muhammad Lutfi

Pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada Masa Presiden SBY, beliau kembali diangkat sebagai Menteri Perdagangan oleh Presiden Joko Widodo meggantikan Agus Suparmanto. Muhammad diambil dari nama Rasulullah, sedangkan Lutfi dalam Islam berarti lembut.

Leave a Reply